INTEGRASI BELAJAR AL-QUR’AN DALAM KURIKULUM SEBAGAI STRATEGI MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER DI SD NEGERI BALOWERTI 2 KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi belajar Al-Qur‟an dalam kurikulum pada sekolah dasar negeri di SD Negeri Balowerti 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek integrasi belajar Al-Qur‟an dalam kurikulum yang mencakup tujuan pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan pengembangan karakter siswa, pengorganisasian guru pengajar Al-Qur‟an di sekolah, evaluasi belajar Al-Qur‟an di sekolah serta terwujudnya siswa berkarakter di sekolah. Pengembangan kurikulum ditinjau dari segi kebutuhan siswa dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan metode UMMI yang telah memiliki standar kelulusan tersendiri, sehingga memiliki mutu yang terpercaya. Pengorganiasaian guru Al-Qur‟an dilakukan oleh kepala sekolah secara keseluruhan. Evaluasi belajar Al-Qur‟an dalam mewujudkan siswa berkatakter dilakukan pada guru dan siswa. Guru dievaluasi secara internal oleh kepala sekolah dan secara eksternal oleh lembaga UMMI Daerah, sedangakan evaluasi pada siswa berbentuk hafalan pada setiap hari dan terdapat ujian kelulusan tersendiri. Terwujudnya siswa berkatakter melalui belajar Al-Qur‟an tercermin pada perilaku baik siswa di lingkungan sekolah. Meskipun belum mencapai tahap maksimal dalam membentuk siswa berkarakter, dan memiliki beberapa hambatan, namun integrasi belajar Al-Qur‟an dalam kurikulum berhasil membentuk karkater siswa menjadi lebih baik dan mampu menarik kepercayaan masyarakat terhadap mutu sekolah SD Negeri Balowerti 2 Kediri.
Downloads
Abstract views: 8
,
PDF Downloads: 13


.png)
1.png)





