IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA MINAT BACA SISWA DI SMAN 2 MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan pada perpustakaan digital di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data data melalui pengamatan dan pencatatan lapangan. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari informan. Sedangkan teknik studi dokumentasi digunakan untuk pendukung informasi yang telah diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan digital SMAN 2 Mataram dibentuk untuk meningkatkan akses bacaan, mendukung pembelajaran berbasis teknologi, dan membangun budaya literasi digital. Perencanaan dimulai sejak 2016, melibatkan kepala sekolah dan instansi terkait. Struktur organisasi mencakup kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf layanan, IT, dan pustakawan siswa. Sejak 2023, perpustakaan digital beroperasi optimal melalui E-Library. Koleksi terus diperbarui dan berbagai program literasi rutin diadakan. Pengawasan dilakukan lewat laporan rutin, pelatihan siswa, dan survei kritik-saran untuk peningkatan layanan.
Downloads
Abstract views: 45
,
PDF Downloads: 163


.png)
1.png)





