MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH TOLERANSI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER SISWA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 TAMAN
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan manajemen Program Sekolah Toleransi di SMP Negeri 1 Taman, bertujuan memperkuat karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila, dengan fokus pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi program. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Program Toleransi, Ketua Komunitas Seni dan Budaya Brangwetan, perwakilan guru, serta siswa sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Sekolah Toleransi berjalan baik; perencanaan disusun kolaboratif, pengorganisasian melalui struktur Tim Toleransi yang jelas, pelaksanaan melibatkan pendekatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, serta pembiasaan harian. Monitoring dan evaluasi dilakukan berkelanjutan. Program ini berhasil meningkatkan sikap saling menghargai, mengurangi diskriminasi, dan menciptakan lingkungan sekolah inklusif, selaras dengan tujuan penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila.
Kata Kunci: Manajemen Program, Penguatan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Toleransi.
Downloads
Abstract views: 20
,
PDF Downloads: 36


.png)
1.png)





