MANAJEMEN PROGRAM GELAR KARYA P5 KEWIRAUSAHAAN DAN BUSINESS DAY UNTUK MENDORONG KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMA IPIEMS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Gelar Karya P5 Kewirausahaan dan Business Day untuk mendorong kompetensi kewirausahaan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Data penelitian dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi teknik dan sumber, ketekunan pengamatan, serta member check. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) perencanaan program dimulai sejak Oktober 2024. Guru lintas mata pelajaran melakukan rapat koordinasi untuk menyusun jadwal kegiatan, merancang modul ajar, serta mengidentifikasi kebutuhan sumber daya, seperti UMKM dan pakar gizi. Guru juga ditunjuk sebagai koordinator kelas untuk mempermudah pelaksanaan. 2) Pelaksanaan melibatkan siswa dalam kelompok dengan peran CEO, finance manager, dan chef. Siswa mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari analisis SWOT, membuat produk inovatif berbahan dasar kedelai, hingga mengikuti bazar sebagai puncak acara. Guru berperan sebagai fasilitator dan pendamping. 3) Evaluasi Gelar Karya P5 terintegrasi dengan PSAJ (Penilaian Semester Akhir Jenjang) melibatkan 14 mata pelajaran. Ketercapaian siswa dinilai dari aspek proses dan hasil produk. Selama program berlangsung, evaluasi dilakukan secara berkala lewat jurnal, refleksi harian, dan rapat rutin. Program dinilai berhasil karena acara berjalan lancar, siswa menghasilkan produk inovatif dan produk siswa dapat terjual, meskipun terkendala jadwal bentrok dan keterbatasan tempat. Untuk perbaikan sekolah berencana mempertimbangkan pemilihan lokasi, memperbaiki komunikasi dan koordinasi antar guru, meningkatkan pendampingan, dan mendukung keberlanjutan legalisasi produk siswa melalui pendampingan mengurus PIRT dan BPOM.
Downloads
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 41


.png)
1.png)





