IMPLEMENTASI PROGRAM MARKETING SCHOOL BOOTCAMP DALAM MEMFASILITASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN BRANDING DAN MARKETING SEKOLAH (STUDI KASUS DI KUANTA INDONESIA SURABAYA)

Authors

  • Putri Aprelina Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Marketing School Bootcamp dalam memfasilitasi sekolah meningkatkan branding dan marketing, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program, serta mengetahui dampak program terhadap peningkatan branding dan marketing pada sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Program Marketing School Bootcamp dilaksanakan secara terstruktur melalui tahapan pendekatan analisis Pain and Gain, pelatihan intensif, penyusunan edumarketing plan, serta pendampingan pasca program. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi antusiasme dan keterlibatan aktif peserta, fasilitas pelatihan yang memadai, sistem pendampingan pasca kegiatan dan komitmen sekolah. Sementara itu, Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi minimnya pemahaman tentang program, pemasaran program yang kurang efektif dan adaptasi terhadap strategi digital marketing. (3) Dampak dari implementasi Program Marketing School Bootcamp ditunjukkan dengan peningkatan jumlah peserta didik baru, peningkatan pemahaman dan kapasitas strategi pemasaran serta peningkatan citra sekolah di mata masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi program Marketing School Bootcamp efektif dalam membantu sekolah menyusun strategi pemasaran yang sistematis, sehingga mampu meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di tengah persaingan yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-16

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 6