IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH PENGGERAK DI SMPN 3 CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG

Authors

  • Faisol Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan Sekolah Penggerak di SMPN 3 Camplong Kabupaten Sampang dengan menggunakan model implementasi kebijakan George C. Edwards III yang mencakup empat variabel utama: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Sekolah Penggerak di SMPN 3 Camplong berjalan secara adaptif dan progresif. Komunikasi internal antara kepala sekolah dan guru telah berlangsung secara intensif, meskipun belum sepenuhnya didukung oleh sistem komunikasi digital yang terstruktur. Pemanfaatan sumber daya manusia dan sarana prasarana dilakukan secara optimal sesuai dengan kapasitas sekolah, meskipun masih dijumpai kendala teknis. Disposisi pelaksana menunjukkan komitmen tinggi yang tercermin dari keterlibatan aktif kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan kebijakan. Struktur birokrasi sekolah telah diarahkan secara fungsional untuk mendukung program, meskipun belum sepenuhnya terintegrasi dalam sistem SOP dan pelaporan formal. Temuan ini mengindikasikan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan Sekolah Penggerak di SMPN 3 Camplong sangat dipengaruhi oleh sinergi antarkomponen pelaksana dan kepemimpinan sekolah yang partisipatif serta responsif terhadap tantangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-16

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 15