IMPLEMENTASI PROGRAM KOMPENSATORIS PESERTA DIDIK PENYANDANG DISABILITAS (PDPD) DALAM PEMENUHAN AKOMODASI YANG LAYAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 28 SURABAYA

Authors

  • Jelita Jernih Aristu Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan dan memahami implementasi program kompensatoris Peserta Didik Penyandang Disabilitas (PDPD) dalam rangka pemenuhan akomodasi yang layak di SMPN 28 Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Guru Pembimbing Khusus, Guru Pembimbing Khusus, Guru BK, Koordinator Guru Kelas, serta para Peserta Didik Penyandang Disabilitas itu sendiri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data meliputi, uji kredibilitas dengan triangulasi dan membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kompensatoris merupakan bentuk alternatif pembelajaran untuk PDPD tanpa mengubah isi atau materi ajar berdasarkan pada kurikulum yang sama dengan peserta didik reguler. Terdapat 2 program kompensatoris yang diimplementasikan di SMPN 28 Surabaya yaitu Kesenian dan Cooking Class.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 137