IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

Authors

  • Dyah Ika Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan memegang peran krusial dalam memajukan suatu negara karena berfungsi sebagai fondasi dalam membentuk generasi penerus. Oleh karena itu, sekolah dituntut untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, serta terbebas dari kekerasan, intimidasi baik fisik maupun nonfisik, dan segala bentuk diskriminasi selama proses pembelajaran berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan program sekolah ramah anak (SRA) dalam usaha pencegahan bullying di SMP Negeri 28 Surabaya dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sekolah telah berhasil membangun suasana yang kondusif bagi perkembangan siswa melalui berbagai upaya yang terencana dan sistematis. Program ini tidak hanya menekankan pada aspek pencegahan bullying, tetapi juga menumbuhkan budaya positif melalui penerapan disiplin positif dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Keterlibatan pendidik dan tenaga kependidikan sangat berpengaruh dalam kesuksesan pelaksanaan program ini, karena mereka berperan tidak hanya sebagai pengajar akademik, namun sebagai pembimbing pula dalam membangun perilaku siswa agar menjauhi tindakan perundungan. Meskipun masih ditemukan kendala seperti beberapa guru yang kesulitan mengendalikan emosi saat berinteraksi dengan siswa, pihak sekolah telah mengambil langkah berupa pelatihan terkait SRA guna mengatasi hambatan tersebut.

kata kunci: implementasi, sekolah ramah anak, mencegah bullying

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-23

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 170