PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DI KECAMATAN GENTENG KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 878 siswa kelas XI di SMAN 1, 2, dan 5 Surabaya. Sampel sebanyak 275 siswa dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi uji asumsi klasik dan regresi linear berganda, dengan uji parsial dan simultan untuk menguji signifikansi, serta koefisien determinasi untuk melihat kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bimbingan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,855 dan signifikansi 0,000 (<0,05); (2) manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,400 dan signifikansi 0,000 (<0,05); serta (3) secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai F hitung sebesar 460,904 dan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,770 menunjukkan bahwa 77% variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh bimbingan belajar dan manajemen waktu, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Downloads
Abstract views: 32
,
PDF Downloads: 91


.png)
1.png)





