MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DI MTSN 6 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Sekolah Ramah Anak di MTsN 6 Jombang melalui empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, dan 4) Kontrol dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai ramah anak dalam visi, misi, dan tujuan sekolah dengan ditunjang SK resmi, pelatihan hak anak bagi pendidik, penyusunan RPP ramah anak, pengembangan sarana prasarana yang aman dan inklusif, siswa dilibatkan dalam penyusunan program dan keputusan, serta menjalin kolaborasi dengan orang tua, masyarakat, dunia usaha, dan alumni; 2) Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk Tim SRA, mekanisme pengaduan, tata tertib, komitmen tertulis, sosialisasi pelatihan, penyusunan panduan pembelajaran empati, lingkungan fisik dikelola secara nyaman dan aman, siswa aktif terlibat dalam OSIS, forum anak, dan komunitas sebaya, serta kolaborasi eksternal dikuatkan melalui MoU; (3) Pelaksanaan mencakup penandatanganan komitmen bersama, penerapan aturan saling menghargai, larangan mengejek, dan pengawasan anti-bullying, guru yang telah mengikuti pelatihan menunjukkan interaksi lebih empatik dan menyebarkan praktik baik ke sekolah lain, pembelajaran berbasis empati didukung sarana inklusif dan keterlibatan aktif siswa serta kolaborasi dengan pihak eksternal memperkuat pelaksanaan program; (4) Kontrol dan evaluasi dilakukan secara berkala menggunakan instrumen standarisasi SRA, evaluasi partisipatif melibatkan siswa dalam survei dan penilaian keteladanan guru dan proses pembelajaran, tim sarpras rutin memeriksa fasilitas, partisipasi siswa dinilai dari keaktifan mereka dalam menyampaikan pendapat, organisasi sekolah, dan kegiatan lainnya, serta evaluasi kemitraan eksternal dilakukan dengan mencatat keterlibatan dan kebermanfaatan kerja sama. Sehingga, Manajemen Sekolah Ramah Anak di MTsN 6 Jombang telah diimplementasikan secara sistematis melalui empat fungsi manajemen dengan mengacu pada enam komponen sekolah ramah anak.
Downloads
Abstract views: 25
,
PDF Downloads: 56


.png)
1.png)





