PERANCANGAN WEBSITE AKADEMI GURU SEBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI SMA LABSCHOOL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis validitas website Akademi Guru sebagai media pengembangan kompetensi guru di SMA Labschool Universitas Pendidikan Indonesia; (2) menganalisis performance efficiency dari website Akademi Guru; dan (3) menganalisis usability dari website Akademi Guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model waterfall, yang terdiri dari lima tahapan: requirements and definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, serta operation and maintenance. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) website Akademi Guru memperoleh skor rata-rata 4,52 pada uji validitas oleh ahli dan pengguna, sehingga dikategorikan sangat valid; (2) performance efficiency menunjukkan skor 87% pada tampilan mobile dan 99% pada desktop, yang dikategorikan sangat baik; dan (3) hasil usability testing menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 84%, yang dikategorikan sangat layak. Website Akademi Guru diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kompetensi guru berbasis digital dan fleksibel, serta menjadi alternatif media pelatihan yang mendukung terwujudnya tujuan pendidikan berkelanjutan sesuai dengan SDGs 2030, khususnya pada poin ke-4: Quality Education.
Downloads
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 18


.png)
1.png)





