PENGELOLAAN E-LEARNING SEBAGAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL
(STUDI KASUS SMA PANGUDI LUHUR ST YUSUP YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan e-learning sebagai optimalisasi pembelajaran digital di SMA Pangudi Luhur St. Yusup Yogyakarta berdasarkan fungsi manajerial POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) menurut teori Terry. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan e-learning dilakukan secara sistematis dan kolaboratif meskipun belum dituangkan dalam bentuk SOP khusus. Pengorganisasian telah membentuk struktur kerja yang terintegrasi dengan fasilitas memadai, namun masih minim dokumentasi teknis seperti jobdesk dan panduan operasional. Pelaksanaan e-learning telah terimplementasi dalam kegiatan belajar harian, dengan pemanfaatan LMS untuk penugasan, evaluasi, dan pembelajaran mandiri, meskipun belum semua guru memaksimalkan fitur yang tersedia. Pengawasan dilakukan melalui supervisi langsung, pelacakan aktivitas digital, dan survei kepuasan, namun belum terintegrasi secara formal dalam sistem supervisi akademik dan belum memiliki format pelaporan khusus berbasis LMS. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya penguatan dokumentasi, pelatihan yang berkelanjutan, serta sistem pengawasan yang lebih terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kebijakan formal, SOP, dan evaluasi sistem digital yang berbasis data untuk mendukung keberlanjutan dan efektivitas pembelajaran digital di sekolah menengah.
Downloads
Abstract views: 31
,
PDF Downloads: 37


.png)
1.png)





