MANAJEMEN PROGRAM BUSINESS DAY SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SD PLUS DARUL ULUM JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program Business Day sebagai upaya menumbuhkan karakter dan jiwa kewirausahaan siswa di SD Plus Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan melalui kolaborasi antarguru dengan kepala sekolah dan melibatkan siswa secara aktif. Pelaksanaan program Business Day mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa berperan sebagai pelaku usaha kecil yang merancang, memproduksi, dan menjual produk secara langsung. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam seluruh proses kegiatan. Evaluasi program dilakukan secara kualitatif untuk menilai perkembangan karakter dan jiwa kewirausahaan siswa. Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi dukungan penuh dari guru dan kepala sekolah, serta antusiasme tinggi dari siswa. Sementara itu, hambatan yang ditemukan adalah kurangnya kepercayaan diri sebagian siswa dalam menjual produk serta keterbatasan sarana dan waktu pelaksanaan. Secara keseluruhan, program Business Day terbukti efektif sebagai media pendidikan karakter dan kewirausahaan di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci : Manajemen Program, Business Day, Pendidikan Karakter, Jiwa Kewirausahaan, Sekolah Dasar.
Downloads
Abstract views: 15
,
PDF Downloads: 20


.png)
1.png)





