PERAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 40 SEMARANG

Authors

  • Aulia Safarina Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran kepala sekolah dalam membina tenaga pendidik sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa. Mutu sekolah tercermin dari kualitas proses pembelajaran yang dinilai masyarakat, sehingga sekolah yang baik akan lebih diminati. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran kepala sekolah dalam perbaikan pembelajaran di SMP Negeri 40 Semarang; (2) memahami peran kepala sekolah dalam mengembangkan pembelajaran; (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat; serta (4) menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis melalui kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dilakukan secara kolaboratif dengan strategi terukur, evaluasi berkala, dan indikator keberhasilan berupa hasil belajar, perilaku, serta kepuasan stakeholder. Pengembangan pembelajaran didukung inovasi, pelatihan, penghargaan, dan kerja sama eksternal. Faktor pendukung meliputi motivasi guru dan lingkungan kerja, sedangkan kendala utama adalah keterbatasan fasilitas dan perbedaan kemampuan siswa. Strategi peningkatan dilakukan melalui pelatihan, pemanfaatan teknologi, program remedial, serta evaluasi kurikulum secara rutin

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 95