MANAJEMEN PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Evaluasi Program Sistem Kredit Semester di SMA Nahdlatul Ulama yang memberikan dampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pada penelitian ini kepala sekolah dan wakil kepala kurikulum sebagai informasi kunci dan didukung oleh Koordinator program SKS, Guru, dan Siswa sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan melakukan pengecekan ulang (member check) kepada informan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Program SKS pada tahap awal kepala sekolah bersama tim mempersiapkan persyaratan yang diperlukan yang berkaitan dengan pelaksanaan program SKS, Adanya kegiatan workshop dan studi banding kepada guru dan kegiatan sosialisasi pada siswa, orang tua siswa, dan masyarakat. Pemilihan guru untuk mengajar pada layanan 2 tahun; 2) Pelaksanaan Program SKS dilakukan dengan memberikan pelayanan bagi peserta didik sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dengan waktu studi 2 tahun, 3 tahun, dan 4 tahun; 3) Evaluasi Program SKS dilakukan kepala sekolah tiap 3 bulan sekali melalui kegiatan rapat, monitoring, supervisi. Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan pada kegiatan STS dan SAS, hasil evaluasi menunjukkan capaian akademik yang memuaskan, yang mencerminkan bahwa peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan kecepatan dan kapasitas belajarnya masing-masing.
Downloads
Abstract views: 10
,
PDF Downloads: 7


.png)
1.png)





