MANAJEMEN PROGRAM BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS UDAYANA DALAM MEWUJUDKAN WORLD CLASS UNIVERSITY (WCU) (STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM BIPA FIB UNIVERSITAS UDAYANA)

Authors

  • Winny Ronaulyk D Universitas Negeri Surabaya
  • shelly Andari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dalam mewujudkan World Class University (WCU). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan teori George R. Terry mengenai fungsi manajerial POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengendalian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Program BIPA dilakukan secara sistematis melalui penyusunan pembelajaran dan kegiatan budaya lokal Bali. Pengorganisasian program berjalan secara efektif dengan pembagian tugas yang jelas dan koordinasi yang adaptif di antara koordinator, dosen, dan staf administrasi. Pelaksanaan pembelajaran bersifat komunikatif dan interaktif, mencakup pembelajaran bahasa dan budaya lokal. Pengendalian dilakukan melalui survei kepuasan mahasiswa, rapat, serta monitoring untuk mendukung perbaikan berkelanjutan. Manajemen Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana telah berjalan secara optimal dan mendukung pencapaian indikator World Class University, khususnya dalam aspek internasionalisasi, promosi budaya lokal, dan peningkatan layanan pendidikan bagi mahasiswa asing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 20