EVALUASI PROGRAM MAGANG INTERNASIONAL DI THAILAND OLEH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Authors

  • yoshinta putri ariyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Magang memiliki peran penting untuk mahasiswa, terutama magang internasional mampu membantu mahasiswa memiliki pengalaman internasional dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era global. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program magang internasional di Thailand oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan model evaluasi CIPPO (Context, Input, Process, Product, dan Outcome). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek konteks program ini merupakan respon global dan bermula pada tahun 2022. Dalam aspek input program ini memiliki DPL yang bertugas memepersiapkan dan membimbing mahasiswa selama pelaksanaan dan mitra kerja sama yang bertugas untuk mengkoordinasi secara langsung di Thailand. Pada aspek proses menunjukkan bahwa pelaksanaan program melibatkan proses seleksi, pembekalan, faktor penghambat dan faktor pendukung. Aspek produk program ini menghasilkan kemampuan mahasiswa dan mendapatkan luaran seperti laporan akhir, logbook, sertifikat, dan topik skripsi. Dampak jangka panjang meliputi peningkatan kemampuan mahasiswa, peluang kerja internasional, serta reputasi prodi yang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-01

Issue

Section

Articles New
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 16