PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan sampel 86 guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo. Grand Theory yang digunakan adalah teori kepemimpinan transformasional dari M. Bass, teori motivasi dari Abraham Maslow, dan teori kinerja dari Charlotte Danielson. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan skala likert 1-4. Teknik analisis data dalam penlitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis data terhitung dengan nilai koefisien determinasi R Square 57,5% bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh terhadap kinerja guru, hasil analisis data motivasi kerja guru menunjukkam 56,4% memiliki pengaruh terhadap kinerja guru, dan terhitung dengan nilai Adjusted R Square sebesar 67,0%, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh Signifikansi terhadap kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru tinggi, maka semakin baik pula kinerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo.
Downloads
Abstract views: 15
,
PDF Downloads: 19


.png)
1.png)





