MANAJEMEN PROGRAM TIDUR SIANG DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KASUS DI SEKOLAH DARUL MUHAYEDEEN MOSQUE CHILD DEVELOPMENT CENTER THAILAND)
Abstract
Program tidur siang merupakan salah satu upaya yang
diterapkan di Sekolah Darul Muhayedeen Mosque Child Development Center Thailand untuk menanamkan nilai karakter kedisiplinan pada siswa usia dini. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui manajemen program tidur siang melalui
tiga tahapan utama, yaitu (1) Perencanaan Program Tidur Siang di Sekolah Darul Muhayedeen; (2) Pengorganisasian program proses mengatur dan mengelompokkan sumber daya,tugas, dan tanggung jawab dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi program dapat terwujud (3) Pelaksanaan Program Tidur Siang yang melibatkan pengawasan ketat dan suasana kondusif; serta (4) Evaluasi Program Tidur Siang dalam menilai efektivitas penanaman nilai kedisiplinan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;
(1) Perencanaan Program Tidur Siang dilakukan secara terstruktur dengan melibatkan kepala sekolah dan guru dalam penentuan jadwal, tempat, dan fasilitas pendukung; (2) Pengoranisasian Program yang melibatkan struktur organisasi sekolah Darul Muhayedeen yaitu kepala sekolah dan guru (3) Pelaksanaan Program berjalan sesuai prosedur dengan pengawasan guru yang ketat serta suasana yang mendukung kenyamanan siswa untuk beristirahat; (4) Evaluasi program dilakukan secara rutin melalui rapat triwulan dan pertemuan dengan wali murid serta dinas pendidikan, yang berfungsi untuk mengidentifikasi kendala dan meningkatkan efektivitas program dalam menanamkan kedisiplinan.
Downloads
Abstract views: 5
,
PDF Downloads: 7


.png)
1.png)





