PENGARUH SELF CONTROL TERHADAP STUDENT WELL BEING DENGAN MEDIASI FRUGAL LIVING PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI UNESA

Authors

  • Navima Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kesejahteraan mahasiswa penerima beasiswa dipengaruhi oleh kemampuan mengelola diri dan sumber daya finansial di tengah tuntutan akademik dan keterbatasan ekonomi. Kondisi tersebut menempatkan self control dan frugal living sebagai faktor penting dalam menjaga keseimbangan akademik, psikologis, dan sosial mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self control terhadap student well being dengan frugal living sebagai variabel mediasi pada mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 310 mahasiswa penerima beasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert empat poin dan dianalisis dengan Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control berpengaruh positif dan signifikan terhadap student well being serta frugal living. Selain itu, frugal living juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap student well being, serta terbukti memediasi secara parsial pada pengaruh self control terhadap student well being. Temuan ini menunjukkan bahwa pengendalian diri yang baik, ketika diwujudkan dalam gaya hidup hemat, berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan mahasiswa penerima beasiswa. Kesimpulannya, penguatan self control yang disertai penerapan frugal living dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung kesejahteraan mahasiswa, sehingga hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi perguruan tinggi dalam merancang program pembinaan karakter, literasi keuangan, dan pendampingan mahasiswa secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0