PERANPENGAWAS SEKOLAH DALAM PENILAIAN KINERJA GURU DI SDN SUKOWATI KECAMATAN BUNGAH KABUPATEN GRESIK

  • DIANA ELVIYA

Abstract

 

 

 

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 21 Tahun 2010 tentang jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya menyatakan bahwa pengawas sekolah merupakan salah satu tenaga kependidikan yang memegang peran strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru, kepala sekolah dan mutu pendidikan di sekolah. Tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) standar nasional pendidikan, penilaian kinerja guru dan kepala sekolah, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.  

Fokus penelitian ini adalah (1) Peran pengawas sekolah dalam penilaian kinerja guru di SDN Sukowati Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik; (2) Penghambat adanya pengawas sekolah dalam penilaian kinerja guru di SDN Sukowati Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik; (3) Pendukung adanya pengawas sekolah dalam penilaian kinerja guru di SDN Sukowati Kecamatan  Bungah Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi.Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi diperoleh kesimpulan bahwa peran pengawas sekolah dalam penilaian kinerja guru di SDN Sukowati Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik yaitu memantau, melakukan penialain, yang melakukan penilaian terhadap guru adalah kepala sekolah, guru yang jabatan/ titelnya lebih tinggi diatas guru yang akan dinilai dan boleh juga guru meminta guru dari sekolah lain apabila bersedia. Akan tetapi yang bertanggung jawab adalah tetap kepala sekolah, Sebagai peninjau tindak lanjut terhadap guru yang merasa keberatan dengan penilaian sehingga dapat mengulang kembali pelaksanaan penilaian kinerja secara global dan menyeluruh, Memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program kegiatan pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi dan profesional saat proses pembelajaran, Hasil penilaian yang dirasa masih kurang guru tersebut diikutsertakan diklat atau pelatihan guna untuk mengembangkan kemampuannya

 

Kata Kunci :peran pengawas sekolah, penilaian kinerja guru

Published
2014-04-28
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 74