Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Ma Darussalam Desa Kumalasa Kecamatan Sangkapura Bawean Kabupaten Gresik

  • EVI ROZIANA

Abstract

 

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa yang memegang peranan sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Tujuan peneliti ini adalah: 1.untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam. 2.untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam. 3.untuk mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam. 4. Untukmengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam untuk menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam. 5.untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya dan tindak lanjut yang dilakukan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1)perencanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang prosese pembelajaran, 2)pelaksanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran 3)evaluasi perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran, 4)kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran, dan 5)upaya dan tindak lanjut perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, (3) studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dan kesimpulan 1).Perencanaan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di MA Darussalam kumalasa harus memperhatikan fungsi perencanaan perpustakaan sekolah dengan baik, tanpa perencanaan yang matang dan menjadi standar kerja yang baik dalam proses pembelajaran. 2).Pelaksanaan perpustakaan sekolah di MA Darussalam kumalasa mengupayakan untuk lebih memberdayakan pengelolaan perpustakaan di lingkungan sekolah. menciptakan penguatan kelembagaan terhadap perpustakaan sekolah. 3)Proses evaluasidi MA Darussalam mencapai tujuan perpustakaan sekolah yang telah di rencanakan, pihak manajemen harus secara berkelanjutan memantau kinerja layanan dalam program kegiatan pengelolaan perpustakaan sekolah. 4) Pengelola perpustakaan bekerja sama dengan pihak lembaga dalam mengatasi Kendala–kendala yang dihadapi keterbatasan dana yang dimiliki untuk perpustakaan. 5) pengelola perpustakaan dan lembaga sudah melakukan upaya-upaya dengan baik untuk mengembangkan perpustakaan agar dapat menunjang proses pembelajaran siswa.
Kata kunci: Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Proses Pembelajaran

Published
2014-04-29
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 1501