LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT BACASISWA SMAN 2 PARE KABUPATEN KEDIRI

  • YULITA WAHYU PRATIWI

Abstract

Abstrak: Buku merupakan media siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan membaca buku membutuhkan motivasi yang tinggi. Layanan perpustakaan yang baik akan memacu siswa dalam membaca buku dan juga mengurangi ketergantungan siswa kepada referensi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang layanan perpustakaan dalam peningkatan minat baca siswa di SMAN 2 Pare Kabupaten Kediri. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) layanan perpustakaan sistem terbuka di SMAN 2 Pare; (a) layanan teknis yang meliputi klasifikasi dan katalogisasi pada bahan pustaka perpustakaan; (b) layanan pengguna yang meliputi layanan sirkulasi dan referensi perpustakaan; (2) upaya meningkatkan minat baca siswa dengan program-program perpustakaan; (3) dampak layanan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan naratif deskriptis akan menjelaskan secara deskriptis semua fenomena, kejadian, dan kegiatan di suatu lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi; (2) wawancara mendalam; (3) studi dokumentasi. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Beberapa layanan perpustakaan yang diterapkan yaitu layanan teknis, layanan pengguna, layanan internet dan layanan kunjungan perpustakaan; (2) Upaya untuk meningkatkan minat baca siswa dengan menggunakan beberapa program perpustakaan. (3) Dampak dari usaha peningkatan minat baca siswa yaitu siswa akan lebih memilih menghabiskan waktu jam kosongnya untuk membaca ataupun meminjam buku diperpustakaan dan dapat mengurangi kebiasaan siswa mencari referensi dari internet.
Kata kunci : layanan perpustakaan, minat baca

Published
2014-05-12
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 120