KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAHDALAM PENINGKATAN KINERJA GURU(Studi Kasus Di SMP Negeri 26 Surabaya)

  • NAFILATUR ROHMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai keterampilan manajerial kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 26 Surabaya, khususnya keterampilan hubungan manusia dalam peningkatan kinerja guru, meliputi: (1) komunikasi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 26 Surabaya; (2) kerjasama kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 26 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan cara: (1) kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber; (2) transferabilitas; (3) dependabilitas; dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Komunikasi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 26 Surabaya adalah kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menyampaikan pikiran, memberi dan menerima informasi dengan menerapkan manajemen modern partisipatif, memberikan pemahaman, meluruskan kesalahpahaman, dan memberikan motivasi kepada guru yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung agar guru meningkatkan kinerjanya; (2) kerjasama kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 26 Surabaya adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru secara bersama-sama yang dapat memberikan keuntungan dan pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru, usaha-usaha tersebut dilakukan dengan cara menentukan program secara bersama-sama, membagi tugas dan tanggung jawab sesuai kemampuan masing-masing, dan saling membantu dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi guru.
Kata kunci: keterampilan manajerial, komunikasi, kerjasama, kinerja guru

Published
2014-05-12
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 425