STRATEGI KOMUNIKASI PENGAWAS PENDIDIKAN MENENGAH DI LINGKUP DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GRESIK

  • DIRKA MEI OKPRINA

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari upaya pengawas pendidikan dalam melakukan kegiatan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan layanan untuk membantu guru dalam mewujudkan pembelajaran bermutu. Strategi komunikasi dapat membantu pengawas untuk menggali informasi tentang kebutuhan guru yang sebenarnya. Kedekatan antara pengawas dengan guru dapat menjadikan guru lebih terbuka kepada pengawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan:(1) strategi komunikasi dalam program kerja supervisi akademik dan (2) upaya pengawas pendidikan menengah di Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dalam meningkatkan mutu guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) program kerja supervisi akademik merupakan pembinaan guru untuk mewujudkan kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Penyusunan program memperhatikan komunikasi dan sisi hubungan manusia antara pengawas dengan kepala sekolah, guru, staf sekolah, maupun sesama pengawas dengan saling berkoordinasi. Strategi komunikasi berperan penting untuk menggali informasi tentang kebutuhan guru; dan (2) upaya pengawas pendidikan menengah dalam meningkatkan mutu guru di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, salah satunya dilakukan melalui program supervisi akademik yang dilandasi prinsip coaching dan didukung strategi komunikasi serta koordinasi pengawas. Pengawas menjalin hubungan melalui komunikasi yang baik sejak awal, menggali informasi dari guru tersebut, mendengarkan pendapat guru, peka terhadap apa yang terjadi, memberikan pembinaan dan tindak lanjut. Pengawas mengupayakan guru berpikiran bahwa pengawas adalah mitra kerja guru yang harus banyak belajar dan berbagi informasi untuk membantu mewujudkan pembelajaran bermutu.
Kata kunci: supervisi akademik, komunikasi, pendidikan menengah

Published
2014-05-12
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 395