PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMK ADB INVEST SE-KOTA SURABAYA

  • MUHAMMAD ALI RIFALDI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto karena data yang diperoleh adalah data hasil peristiwa yang sudah berlangsung, jadi peneliti tidak memperlakukan manipulasi terhadap variabel tetapi hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK ADB INVEST yang berjumlah 475 guru. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert dan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Proses pengolahan data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh secara sendiri-sendiri dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tingkat supervisi kepala sekolah termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 65,68%, (2) tingkat motivasi kerja guru termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 83,57%, (3) tingkat kepuasan kerja guru termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 89,18%, (4) supervisi kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) dengan jumlah nilai sebesar 4,641, (5) motivasi kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) dengan jumlah nilai sebesar 5,764, (6) supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) serta supervisi kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru (Y) dengan jumlah nilai sebesar 53,593.
Kata kunci: supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru, kepuasan kerja guru

Published
2014-05-12
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 354