PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMA NEGERI MOJOAGUNG JOMBANG

  • ERIKA SHERLY WARDANI

Abstract

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Pembelajaran berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang; (2) Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di SMA Negeri Mojoagung Jombang; (3) Peran kepala sekolah dalam menyediakan sarana prasarana pembelajaran berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang; (4) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam peningkatan pembelajaran berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena dengan rancangan studi kasus akan mengungkap secara deskriptif semua fenomena, kejadian, masalah di suatu lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama Pembelajaran Berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombangmeliputi: (a) kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran; (b) memudahkan siswa dalam penyerapan materi; (c) metode baru untuk guru dalam menyampaikan materi; (d) pembelajaran berbasis TIK tidak mengharuskan guru bertatap langsung dengan siswanya. Kedua, Peran Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran di SMA Negeri Mojoagung meliputi: (a) pembentukan komunitas belajar guru; (b) mengadakan pelatihan untuk bapak ibu guru yang belum menguasai pembelajaran berbasis TIK; (c) pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah melalui progam pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, Peran Kepala Sekolah dalam Menyediakan Sarana Prasarana Pembelajaran Berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang meliputi: (a) memfasilitasi sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran berbasis TIK; (b) melengkapi fasilitas yang berhubungan dengan pembelajaran berbasis TIK; (c) penyediaan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran berbasis TIK diprogramkan dengan baik. Keempat, Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Peningkatan Pembelajaran Berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang meliputi: (a) adanya Pusat Sumber Belajar dan Teknologi Pendidikan; (b) mengembangkan sistem pembelajaran; (c) melakukan inovasi dalam pembelajaran, (d) menerapkan pembelajaran berbasis TIK.
Kata kunci: peran kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran, pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Published
2014-05-15
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 734