PENGADAAN GURU SEKOLAH DASARDI YAYASAN HANG TUAH CABANG SURABAYA

  • ERNI SUSIYAWATI

Abstract

Keberhasilan lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dipengaruhi oleh kualitas guru di lembaga. Pengadaan guru mempunyai peran menyediakan guru yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan lembaga. Pengadaan guru sekolah dasar di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya terdiri dari rekrutmen dan seleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rekrutmen guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya yang meliputi sumber internal dan eksternal dan proses seleksi guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya yang meliputi seleksi administratif, wawancara, tes mengajar dan keputusan seleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pengadaan guru SD di Yayasan Hang Tuah cabang Surabaya adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh guru yang bermutu pada jenjang SD melalui rekrutmen dan proses seleksi guru; (2) pengadaan guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya telah dilakukan sesuai dengan proses pengadaan yang terdiri dari rekrutmen dan seleksi untuk memperoleh guru yang bermutu dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya; (3) rekrutmen guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya adalah proses pencarian pelamar dari sumber internal dan eksternal. Proses pencarian pelamar dari sumber internal meliputi Kepala sekolah mencari pelamar, melakukan penilaian, merekomendasikan ke yayasan, yayasan menerima surat lamaran, dan melakukan instruksi. Proses pencarian pelamar dari sumber eksternal meliputi penerimaan surat lamaran, pengklasifikasian surat lamaran dan pengarsipan surat lamaran; (4) proses seleksi guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya adalah tahap-tahap memilih dan menentukan pelamar yang akan diterima melalui serangkaian kegiatan yaitu seleksi administratif, wawancara, tes mengajar dan keputusan seleksi dengan memegang kriteria yang telah ditetapkan lembaga pada setiap tahapan; dan (5) Data rekrutmen dan seleksi pelamar yang telah diterima sebagai guru SD di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya diarsipkan di ruang Seksi Administrasi dan Logistik dan digunakan untuk analisis pengadaan guru SD berikutnya serta pembinaan karir guru.
Kata Kunci: pengadaan guru, rekrutmen guru, seleksi guru

Published
2014-05-26
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 55