Inspirasi Manajemen Pendidikan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan Jurnal Online Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA en-US haki.kediri@gmail.com Fri, 04 Nov 2022 02:22:10 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sistem Penerimaan Santri Baru di Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Denpasar Bali https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49040 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai sistem regulasi penerimaan santri baru dan keterlibatan orang tua didalamnya di Kebun Tahfidz Quran Bali (KTQ) Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian dari Kepala Direktur Kepala Sekolah/Musyrifah Kepala Panitia PSB, Orang Tua Santri Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Bali. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck), uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; 3) verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan penelitian yaitu: 1)&nbsp; Sistem PSB terdiri dari kegiatan inti yaitu : Satu pembentukan kepanitiaan PSB. Kedua publikasi PSB. Ketiga pelayanan pendaftaran PSB. Keempat penyeleksian calon santri baru. Kelima penentuan diterimanya claon santri baru KTQ. Keenam pengumuman santri baru KTQ. Ketuju proses daftar ulang santri baru KTQ; 2) Peran orang tua dalam penerimaan santri baru berkaitan dengan, pertama komitmen dalam pendampingan muroja’ah dan tasbit di rumah serta pendamppingan kebiasaan anak dirumah yang dimulai dari bangun tidur hinga tidur kembali. Kedua komitmen orang tua dalam mengikuti setiap program yang diadakan oleh Lembaga KTQ; 3) Kendala yang terjadi dalam PSB yaitu : Satu Pendampingan anak di rumah dalam murojaah, tasbit maupun pembiasaan jadwal anak dirumah yang mengalami perjungan yang lebih. Kedua Kurangnya keahlian dalam mengajarkan Al-Quran kepada anaknya dirumah. Ketigafaktor ekonomi yang semakin memperburuk dan menghambat dalam infaq bulanan dan tahunan program lembaga.</p> <p>&nbsp;</p> Nisrina Amatullah, Mohammad Syahidul Haq ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49040 Sat, 05 Nov 2022 01:18:57 +0000 Implementasi Manajemen E-Library Sebagai Upaya Literacy Culture Protection Peserta Didik Ditengah Pandemi Covid-19 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49944 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan bagaimana mengelola perpustakaan sebagai upaya untuk menjaga dan melindungi budaya literasi peserta didik. Oleh sebab itu diperlukan sebuah transformasi dari perpustakaan konvensional menuju perpustakaan elektronik untuk membuat budaya literasi peserta didik meningkat. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara mereview dari berbagai sumber ilmiah yang dipublikasikan melalui internet. Data-data ilmiah yang dikumpulkan penulis terdiri dari 20 jurnal nasional dan 20 jurnal internasional yang telah ditelaah terkait relevansinya dengan topik yang diangkat penulis, yakni implementasi manajemen <em>e-library </em>sebagai upaya <em>literacy culture protection </em>peserta didik di tengah pandemi covid-19. Hasil telaah penulis pada penelitian menunjukkan dengan adanya implementasi manajemen <em>e-library </em>yang optimal dapat meningkatkan budaya literasi dari peserta didik karena kemudahan akses pelayanan yang diberikan, kemudian manajemen <em>e-library </em>sangat penting untuk di jalankan dengan sebaik-baiknya, karena tanpa manajemen <em>e-library </em>yang baik maka layanan yang diberikan akan tidak menjadi optimal dalam melayani pengunjung. Terakhir manajemen <em>e-library </em>meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, serta evaluasi yang berdampak baik dalam melindungi prinsip-prinsip literasi sebagai bentuk upaya melindungi budaya literasi.</p> <p>&nbsp;<strong>Kata Kunci: </strong>Manajemen, Perpustakaan Elektronik, Budaya Literasi</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstract</strong></p> <p><em>The purpose of this research is to describe how to manage the library as an effort to maintain and protect the literacy culture of students. Therefore we need a transformation from a conventional library to an electronic library to make the literacy culture of students increase. This study uses a literature study method where data collection is done by reviewing various scientific sources published via the internet. The scientific data collected by the author consists of 20 national journals and 20 international journals that have been studied in relation to their relevance to the topic raised by the author, namely the implementation of e-library management as an effort to protect students' literacy culture in the midst of the COVID-19 pandemic. The results of the study indicate that the implementation of optimal e-library management can increase the literacy culture of students because of the ease of access to services provided. E-library management is very important to run as well as possible, because without good e-library management, the services provided will not be optimal in serving visitors.Finally, e-library management includes planning, organizing, implementing, controlling, and evaluating which has a good impact on protecting literacy principles as a form of efforts to protect literacy culture.</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Keywords:</em></strong> <em>Management,</em> <em>E-library,</em> <em>Literation Culture</em></p> Regita Wahyu Imansari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49944 Fri, 20 Jan 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Kompetensi Digital Guru Dalam Mewujudkan Inovasi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/50558 <p>Tujuan penulisan artikel ini memaparkan pentingnya kompetensi digital guru dalam menyongsong pendidikan di era revolusi industry 4.0 dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang pesat agar dapat menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systemic Reviews and Meta-analysis) dalam rentang tahun artikel 2017-2022. Hasil dari <em>systematic literature review</em> menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kompetensi digital guru yang dibutuhkan dalam era revolusi industry 4.0 mencakup 1.) Memahami kerja dan model penggunaan perangkat digital sehingga mengetahui kekurangan dan kelebihannya dan bisa disesuaikan dengan metode ajar, rencana ajar bahkan tujuan dari pembelajaran, 2.) Mengintegrasikan teknologi digital kedalam proses perencanaan, pelaksanaan ,penilaian dan evaluasi pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien, 3.) Guru menggunakan teknologi digital untuk pengembangan profesi berkelanjutanehingga guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam menunjang proses belajar mengajar yang berlangsung dikelas.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kompetensi guru, kompetensi digital guru, inovasi pembelajaran, dan revolusi Industri 4.0</p> Dwi Ardiansyah, Syunu Trihantoyo ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/50558 Fri, 13 Jan 2023 06:29:41 +0000 P PEMANFAATAN APLIKASI AKSARANESIA.CO UNTUK MENGOPTIMALKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/51278 <p>The government-promoted School Literacy Movement (GLS) aims to improve students' writing skills and interest in reading. All levels of education, whether elementary, junior high or high school, are required to implement the GLS program. Therefore, all school members should pay special attention to optimizing the GLS program at school. However, Surabaya Intensive Taruna Development High School (ITP) has not carried out GLS activities due to several problems, namely the absence of monitoring that controls the activities of students, the lack of sources of reading material, and the excessive use of gadgets. The purpose of this scientific article is to find out the impact of implementing the aksaranesia.co application. The method used is to use <em>action research</em> the Kemmis and Mc Taggart models using 2 cycles. The final result in implementing the application, namely the teacher was very enthusiastic and involved in implementing the GLS program, students' reading interest was found to increase in the percentage of 15% where initially 77% rose to 99%, which means that the existence of the aksaranesia.co application is able to increase students' interest in literacy, increase interest in reading, and facilitate students to get used to writing. Aksaranesia.co is an effective choice because students can carry out literacy activities whenever and wherever they want. Students also have readiness in facing the digitalization era by being accustomed to interacting using technology.</p> <p><strong>Keywords</strong><em>: </em>school literacy movement, reading interest, aksaranesia.co, senior high school</p> Shela Dwi Widhyasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/51278 Mon, 27 Feb 2023 09:05:19 +0000