Inspirasi Manajemen Pendidikan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan Jurnal Online Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA en-US haki.kediri@gmail.com Wed, 27 Jul 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Manajemen Diklat Berbasis Digitalisasi https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48811 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan memaparkan permasalahan yang terkait dengan&nbsp; layanan prima perpustakaan digital dalam meningkatkan <em>digital quotient</em> siswa. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode studi literatur yang didalamnya mencakup analisis isi secara mendalam , mengidentifikasi permasalahan dengan mengkaji penelitian terdahulu dari jurnal nasional, jurnal internasional,dan buku yang relevan dengan topik penelitian nantinya akan menghasilkan suatu kebaruan. Hasil analisa artikel ini yakni, layanan prima merupakan hal penting&nbsp; dalam pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pemustaka.&nbsp; Pemberian kualitas layanan perpustakaan digital yang diberikan pustakawan terhadap siswa merupakan indikator keberhasilan gerakan&nbsp; literasi sekolah dalam digitalisasi sekolah. Kecerdasan digital dan budaya digital merupakan komponen penting pustakawan dalam &nbsp;mewujudkan&nbsp; layanan&nbsp; prima, nantinya mampu mencetak lulusan yang&nbsp; cerdas,&nbsp; berkompeten&nbsp; serta berdaya saing&nbsp; tinggi dalam menciptakan inovasi dari berbagai aspek digital yang terampil dan memiliki skill khususnya dibidang teknologi. Pada era revolusi industri 4.0 pustakawan dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya mengaplikasikan teknologi dalam meningkatkan layanan prima yang menuntut pada kepuasan dan nilai kebutuhan informasinya. Penerapan layanan prima perpustakaan digital memberikan dampak terhadap siswa dalam meningkatkan <em>digital quotient</em> siswa di era milenial.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>layanan prima, perpustakaan digital, digital quotient siswa</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> Erlya Putri, Murtadhlo Murtadhlo ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48811 Wed, 27 Jul 2022 03:48:41 +0000 Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 1 Menganti https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48727 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan memaparkan permasalahan yang terkait dengan manajemen mutu teroadu yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Menganti dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan dan evaluasi manajemen mutu terpadu dalam rangka meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 1 Menganti. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perencanaan, penerapan dan evaluasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi siswa SMA Negeri 1 Menganti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Serta teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Prestasi SMA Negeri 1 Menganti, berawal dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah, menyusun program sekolah, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu sehingga seluruh kegiatan sekolah yang dilaksanakan tetap berfokus pada meningkatkan prestasi siswa disekolah sekaligus berfokus pada pelanggan.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Prestasi Siswa, Manajemen Mutu Terpadu</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> Sulis Ambarwati, Windasari Windasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48727 Wed, 27 Jul 2022 00:00:00 +0000 Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48704 <h1>ABSTRAK</h1> <p>Adanya transformasi sistem pembelajaran daring akibat pandemic Covid-19. Kepala sekolah dituntut beradaptasi cepat melaksanakan sistem pembelajaran di era <em>new normal</em> dengan memobilitasir sumber daya sekolah, salah satunya membimbing guru meningkatkan kualitas mengajarnya. Kualitas pengelolaan mengajar guru ini berkaitan dengan kompetensi pedagogik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru melaksanakan pembelajaran daring, terutama di masa <em>new normal</em>. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Dengan mengkaji berbagai sumber artikel jurnal yang terdiri dari 15 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Hasil penelitian ini menjelaskan peran kepala sekolah sebagai; 1) supervisor; memantau, membimbing, dan membina kinerja guru melaksanakan pembelajaran daring; dan 2) fasilitator; memberikan kebebasan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik sesuai kebutuhan pendidikan dan peserta didik.&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Peran, Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru, Pembelajaran Daring</p> <p>&nbsp;</p> <h1>ABSTRACT</h1> <p>There is a transformation of the online learning system due to the Covid-19 pandemic. Principals are required to adapt quickly to implementing the learning system in the new normal era by mobilizing school resources, one of which is guiding teachers to improve the quality of their teaching. The quality of teacher’s teaching management is related to pedagogic competence. The aim of the study was to describe the role of school principals to improving the pedagogic competence of teachers in implementing online learning, especially in the new normal period. The method used is a literature study, by reviewing various sources of journal articles consisting of 15 national articles and 10 international articles. The results of this study explain the role of the principal as; 1) supervisor; monitoring, guiding, and fostering teacher’s performance in implementing online learning; and 2) facilitator; provide accessibility for teachers to improve pedagogic competence according to the needs of education and students.</p> <p><strong>Keywords : </strong><em>The Role, Principal, Teacher Pedagogic Competence, Online Learning</em></p> Dyta Salvyra Maheswara, Windasari Windasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48704 Wed, 27 Jul 2022 04:45:43 +0000 Efektivitas Gaya Kepemimpinan "Women Leadership" dalam Meningkatkan Kinerja Guru https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48780 <p>Pemimpin memiliki peran penting dalam mengarahkan dan membantu jalannya aktivitas suatu kelompok dan individu, karena peran pemimpin yakni untuk memengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan anggotanya. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah (1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kinerja guru, (2) untuk mengetahui strategi kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kinerja guru, (3) mengetahui efektivitas gaya kepemimpinan “women leadership” dalam meningkatkan kinerja guru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Umumnya gaya digunakan oleh kepemimpinan perempuan adalah&nbsp; transformasional-demokratis (2) Strategi yang digunakan oleh kepemimpinan perempuan yaitu (a) mengembangkan inovasi pendidikan yang tercermin pada visi, misi, dan tujuan lembaga, (b) mengangkat solidaritas anggota atau unit sekolah, (c) menjadi motivator dan fasilitator bagi guru dan siswa, (3) Gaya transformasional-demokratis dan tiga strategi yang diadopsi oleh kepemimpinan perempuan dikatakan efektif karena dapat menjamin kualitas pendidikan dan dikatakan pada penelitian sebelumnya bahwa perempuan lebih efektif dalam membangun atau merencanakan layanan pendidikan dan sosial, serta mendukung keterampilan interpersonal dalam posisi manajemen.</p> <p><strong>Kata</strong><strong> Kunci:</strong> Gaya Kepemimpinan, Perempuan, Efektif, Kinerja Guru</p> Anisya Shofi Tsany, Aditya Chandra Setiawan ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48780 Thu, 28 Jul 2022 04:23:59 +0000 Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48626 <p>Pendidikan memiliki peran yang strategis guna meningkatkan keunggulan suatu bangsa. <br>Strategi kepala sekolah yang tepat akan membuat suatu perubahan kualitas pendidikan. <br>Penelitian ini bertujuan untuk memetakan hasil penelitian terdahulu terkait dengan strategi <br>kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi <br>literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang relevan <br>dengan topik penelitian terdiri dari 10 artikel ilmiah nasional dan 10 artikel ilmiah <br>internasional. Analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Dari analisis yang dilakukan <br>peneliti, maka hasil temuan pada penelitian ini, sebagai berikut. 1) Strategi kepala sekolah <br>dalam meningkatkan mutu pendidikan, terdiri dari strategi pengembangan tenaga pendidik, <br>strategi pembelajaran, strategi peningkatan prestasi akademik dan non akademik, strategi <br>sarana dan prasarana, strategi pembiayaan, strategi hubungan masyarakat (humas), dan <br>strategi pengawasan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung implementasi strategi kepala sekolah <br>dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Faktor penghambat implementasi strategi kepala <br>sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4) Dampak strategi kepala sekolah dalam <br>meningkatkan mutu pendidikan.</p> <p>Kata kunci: strategi, kepala sekolah, mutu pendidikan</p> Izzani Bilah Nafindra, Ainur Rifqi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48626 Thu, 28 Jul 2022 09:05:40 +0000 Manajemen Sarana dan Prasana Sekolah Inklusi Di SD negeri Gayungan II/423 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48742 <p>Tujuan penulisan dilakukan adalah untuk mengetahui, menganalisis dan medeskripsikan <br>bagaimana perencanaan manajemen sarana dan prasarana Sekolah Inklusi di SD Negeri <br>Gayungan II Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan metode studi kasus. <br>Pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi langsung dan studi <br>dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, mendeskripsikan <br>dan memverifikasi data. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu validitas konstruk, <br>validitas internal, validitas eksternal serta keandalan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah <br>1) Perencanaan sarana dan prasarana sekolah inklusi di SD Negeri Gayungan II Surabaya <br>dilaksanakan dengan kaidah kaidah manajemen dan peraturan perundang – undangan yang <br>ada.2) Implementasi sarana dan prasarana SD Negeri Gayungan II Surabaya dalam <br>melaksanakan pembagian tugas, tanggungjawab sesuai dengan kapasitas yang dimiliki <br>sumberdaya manusia yang sesuai, dana pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana <br>berasal dari dana BOS, BOPDA serta sumbangan komite. Namun inventarisasi sarana dan <br>prasarana di SDN Gayungan II Surabaya tidak melaksanakan pengkodean pada masing –<br>masing sarana dan prasarana. Penghapusan sarana dan prasarana belum pernah <br>dilaksanakan. 3) Evaluasi manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan SD Negeri <br>Gayungan II melibatkan pihak internal maupun ekstrenal yang dilaksanakan secara berkala <br>yakni 4 bulan sekali.</p> Gayuh Ayibah, Shelly Andari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48742 Fri, 29 Jul 2022 00:00:00 +0000 Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Pandemi Covid-19 melalui Lesson Study https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48592 <p>Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalisme guru pasca pandemi covid-19, mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan peningkatan pembelajaran dengan menggunakan model <em>lesson study</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif jenis studi literasi (<em>literature review</em>) dengan cara mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengelola bahan penelitian. Data ini diambil dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional yang memiliki keterkaitan dengan topik yang penulis angkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi profesional guru sangat efektif dengan menggunakan model supervisi <em>lesson study</em> yaitu pembinaan atau pelatihan profesi pendidik dengan cara melakukan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan tahapan <em>plan,do,see</em>. pelaksanaan <em>lesson study </em>ini memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran di era pendidikan 4.0 dimana efektif mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dan meningkatkan kualitas evaluasi/penilaian bagi pendidik kepada siswa secara objektif, akurat, akuntabel dan transparan</p> Novita sari, Shelly Andari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48592 Fri, 29 Jul 2022 00:00:00 +0000 Implementasi Tata Kelola Sekolah Menengah Pertama Berbasis MBS di SMP Negeri 2 Lamongan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48618 <p>Manajemen Berbasis Sekolah merupakan perwujudan desentralisasi pendidikan yang diberikan untuk sekolah dalam mengelola kebutuhan sekolah sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing. SMP Negeri 2 Lamongan merupakan sekolah menengah pertama yang mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah dalam pengelolaan atau tata kelola sekolahnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya mewujudkan prinsip-prinsip dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini menggunakan tahapan analisis data kualitatif model interaktif Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan uji keabsahan data diantaranya uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dilakukan dengan mewujudkan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah. Prinsip kemandirian dibuktikan dengan kewenangan sekolah dalam mengatur dan mengurus pengelolaan secara mandiri atau tidak bergantung pihak lain. prinsip kemitraan dibuktikan dengan kerja sama sekolah dengan berbagai pihak untuk mendapatkan dukungan dalam program sekolah. Prinsip partisipasi dibuktikan dengan pemangku kepentingan terlibat aktif dalam pengambilan keputusan maupun pembuatan kebijakan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan SMP negeri 2 Lamongan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah dengan mewujudkan 3 prinsip yakni prinsip kemandirian, prinsip kemitraan dan prinsip partisipasi.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Tata Kelola Sekolah, Sekolah Menengah Pertama, Manajemen Berbasis Sekolah</p> Firda Qurrotul A'yun, Supriyanto Supriyanto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48618 Fri, 29 Jul 2022 12:29:11 +0000 Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Narrative Qur'an Lamongan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48781 <p>Dalam memperoleh pendidikan setiap orang memiliki pilihan dan kriterianya masing-masing termasuk dalam memilih Lembaga pendidikan atau sekolah yang nantinya menjadi tempat mereka belajar dan menimba ilmu. Tenunya masyarakat akan memilih Lembaga pendidikan yang memiliki citra yang baik karena citra tersebut merupakan gambaran, kesan dan perasaan public terhadap suatu institusi yang sengaja diciptakan oleh institusi termasuk pada Madrasah Ibtidaiyah Narrative Qur’an Lamongan oleh sebab itu peneliti mengambil judul penelitian Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Narrative Qur’an Lamongan (MINAN). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan humas di MINAN (2) Mendeskripsikan Pengorganisasian Humas di MINAN (3) Mendeskripsikan pelaksanaan humas dalam meningkatkan citra sekolah di MINAN&nbsp; (3) Mendeskripsikan evaluasi humas di MINAN.&nbsp; peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Tugas humas di lakukan oleh tim domain,Tim domain melakukan perencanaan setiap satu semester sekali, Program kerja humas yang dilaksanakan selalu memiliki target yang ingin dicapai (2) Program humas yang dilaksanakan adalah pengelolaan media sosial madrasah, pembuatan media cetak majalah, brosur dan baliho serta tim domain menjadi ponghubung komunikasi pihak internal maupun eksternal dalam setiap kegiatan dengan jadwal pelaksanaan program humas dilakukan sesuai dengan perencanaan awal, strategi yang dilakukan dengan mengemas potensi yang dimiliki madrasah, melakukan banyak publikasi dan komunikasi kepada masarakat (3) Evaluasi humas dilakukan yakni pacsa pekegiatan dan rutin setiap satu semester sekali, evaluasi melibatkan ketua tim domain, para anggota dan kepala madrasah, Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program telah terlaksana.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Humas, citra sekolah, manajemen</p> Dewi Laras Iswahyuni, Ainur Rifqi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48781 Wed, 03 Aug 2022 03:33:11 +0000 Peran Media Sosial Dalam Mendukung Implementasi Manajemen Humas Sekolah https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48702 <p>Humas merupakan suatu mediator yang menghubungkan segala aktivitas sekolah dengan masyarakat. Untuk memenuhi tugas dan peran tersebut, dibutuhkan manajemen humas yang dapat membantu sekolah terhubung dengan masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial yang menandai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial sebagai media humas di sekolah. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis artikel penelitian yang terdiri dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional yang relevan. Berdasarkan hasil analisis pada artikel-artikel tersebut, ditemukan beberapa peran media sosial yang dapat mendukung implementasi manajemen humas sekolah. Peran-peran tersebut di antaranya, (1) Media sosial sebagai media informasi dan komunikasi, (2) Media sosial sebagai media promosi/<em>marketing, </em>(3) Media sosial sebagai media <em>branding/building image. </em>Media sosial sangat membantu proses kegiatan humas meskipun masih terdapat kendala dalam penerapannya. Adapun <em>platform</em> media sosial yang dapat mendukung implementasi manajemen humas yakni, Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, dan Twitter.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>media sosial, humas sekolah, promosi, <em>branding </em>sekolah.</p> <p>&nbsp;</p> Alfaini Romadhona, Ainur Rifqi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48702 Mon, 08 Aug 2022 08:37:32 +0000 Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesadaran dan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49062 <p style="font-weight: 400;">Pada masa kini kemampuan literasi digital adalah hal yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali pada peserta didik, literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan media, alat tekonolgi dan komunikasi digital untuk menemukan, menciptakan, mengevaluasi, meciptakan, menyebarkan informasi dengan baik dan bijak. Pada saat ini literasi digital sebagian besar masih dilakukan oleh mahasiswa, oleh karena itu sekolah pada tingkat SD, SMP dan SMA sebagai lembaga pendidikan sudah seharusnya mulai menerapkan literasi digital untuk para peserta didik sebagai bekal untuk masa yang akan datang. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi digital peserta didik. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur dengan sumber 20 jurnal nasional dan 20 jurnal internasional. Telaah artikel menciptakan rekomendasi baru mengenai strategi yang dapat dilakukan oleh sekolah antara lain : a) penguatan kapasitas fasilitator; b) meningkatkan jumlah ragam belajar; c) memperluas akses sumber belajar; d) menigkatkan pelibatan public; e) penguatan tata kelola.</p> <p style="font-weight: 400;"><strong>Kata kunci :</strong> strategi sekolah, literasi digital</p> <p style="font-weight: 400;">&nbsp;</p> <p style="font-weight: 400;">At this time digital literacy skills are very important for all levels of society, including students, digital literacy is a person's ability to use media, technology and digital communication tools to find, create, evaluate, create, disseminate information properly and wisely. . At this time digital literacy is still mostly done by students, therefore schools at the elementary, junior high and high school levels as educational institutions should start implementing digital literacy for students as a provision for the future. The purpose of this scientific article is to find out the strategies carried out by schools to increase students' awareness and digital literacy skills. The method used in this article is a literature study with sources from 20 national journals and 20 international journals. The article review created new recommendations on strategies that could be implemented by schools, including: a) strengthening the capacity of facilitators; b) increasing the number of learning styles; c) expanding access to learning resources; d) increasing public involvement; e) strengthening governance.</p> <p style="font-weight: 400;"><strong>Keywords: </strong>school strategy, digital literacy</p> Maulita Dewi Safitri, Mohammad Syahidul Haq ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49062 Wed, 10 Aug 2022 00:00:00 +0000 Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48999 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Kemampuan literasi digital bagi guru dan siswa sangat diperlukan untuk mempersiapkan agar masyarakat tidak mudah terkena dampak negatif saat menerima perkembangan teknologi yang sedang terjadi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan literasi digital pada siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, referensi diambil dari beberapa artikel yang sesuai dengan tema artikel, pemilihan referensi berdasarkan judul artikel, kata kunci, dan hasil dari artikel tersebut. Hasil yang diperoleh dari kajian artikel diatas yaitu kemampuan&nbsp; literasi digital memiliki peran yang penting untuk menunjang keberhasilan dan perkembangan pembelajaran. Tingkat literasi digital dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih dalam taraf rendah sampai sedang, belum sampai menyentuh taraf&nbsp; tinggi. Adapun strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan literasi digital siswa, yaitu perubahan metode pembelajaran, perubahan media pembelajaran, meningkatkan karakter dan tanggung jawab siswa dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>literasi digital, strategi guru, teknologi</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> Miliantoro Argo Pambudi, Windasari Windasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48999 Mon, 15 Aug 2022 00:00:00 +0000 Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dan Climate Creator Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49283 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Kepala sekolah adalah salah satu unsur penting di dalam dunia pendidikan yang memilki peran sebagai pemipin pada setiap satuan pendidikan. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran kepala sekolah sebagai manager dan climate creator dalam peningkatan gerakan literasi sekolah di sekolah. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literature sebuah penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal. Dari hasil analisis dan telaah jurnal tersebut ditemukan bahwa kepala sekolah dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah diperlukan peran sebagai manajer dan climate creator. Dimana kepala sekolah sebagai manager harus bisa menjalankan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan. Selain itu peran kepala sekolah sebagai climate creator adalah kepala sekolah dapat mengkondisikan situasi lingkungan atau iklim sekolah secara baik dan nyaman sehingga dapat meningkatkan&nbsp; gerakan literasi sekolah dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat untuk membantu mendukung program gerkan literasi sekolah guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan kepala sekolah.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>kepala sekolah, kepemimpinan, literasi</p> <p>&nbsp;</p> Adhiwijna Wahyutama, Windasari Windasari ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49283 Fri, 09 Sep 2022 04:01:29 +0000 PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49063 <p>Pengembangan program diartikan sebagai upaya membantu penyelenggara, pengelola, atau pelaksana literasi sekolah menciptakan atau memodifikasi kondisi yang diharapkan. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan program literasi sekolah. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur sebuah penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal. Dari hasil analisis dan telaah jurnal tersebut ditemukan bahwa untuk mendukung gerakan literasi sekolah, kepala sekolah bertindak sebagai administrator yang bertanggung jawab untuk mengkoordinir program literasi sekolah agar tetap berjalan dengan lancar. Kepala sekolah membentuk tim literasi sekolah untuk mengembangkan dan menyepakati pedoman praktis dalam menerapkan program literasi di sekolah. Pengembangan program literasi sekolah membutuhkan kontribusi dari berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mendukung gerakan literasi sekolah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Pengembangan program, kepala sekolah, literasi</p> <p>&nbsp;</p> <p>Program development is defined as an effort to help organizers, managers, or implementers of school literacy create or modify the expected conditions. The purpose of this scientific article is to find out and analyze how the development of school literacy programs is. The method used in this article is a literature study of a library research through several journals. From the results of the analysis and review of the journal, it was found that to support the school literacy movement, the principal acts as an administrator who is responsible for coordinating the school literacy program to keep it running smoothly. The principal forms a school literacy team to develop and agree on practical guidelines for implementing literacy programs in schools. The development of school literacy programs requires contributions from various stakeholders and the community to support the school literacy movement in accordance with the goals that have been set.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Program development, principals, literacy</p> Fifi Widya Chomaryani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49063 Mon, 15 Aug 2022 14:33:38 +0000 Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website di SD Negeri Asemrowo 2 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48946 <p>Teknologi informasi telah perkembang dengan pesat terutama dengan hadirnya era 5.0 society. Era ini memunculkan kebutuhan baru pada masyarakat yaitu akses informasi yang luas serta fleksibel atau dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Kebutuhan akan teknologi informasi telah memasuki semua bidang pada kehidupan sehari sehari tak terkecuali pada bidang Pendidikan. Sekolah dasar negeri asemrowo 2 merupakan salah satu sekolah dasar yang terdapat di kecamatan asemrowo. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi yang telah dilakukan, terdapat permasalahan pada sekolah tersebut yaitu sekolah belum mempunyai media kehumasan untuk mempromosikan atau memperkenalkan sekolah pada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pembuatan dan pengembangan sistem informasi sekolah berbasis website sebagai media menampilkan informasi penting sekolah serta media untuk memperkanalkan sekolah pada masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode peneitian dan pengembangan dengan model pengembangan waterfall. Sistem informasi sekolah berbasis sekolah ini juga telah melalui tahapan validasi ahli media dan validasi ahli materi. Selain itu, berdasarkan pengujian user accepatance test yang dilakukan, mendapatkan skor presentase 92% dari kepala sekolah dan staff tata usaha, 94% dari guru/wali kelas, dan 96% dari peserta didik, dari hasil tersebut sistem informasi sekolah berbasis website di SD Negeri Asemrowo 2 Surabaya termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan dapat diterima dengan baik oleh sekolah.</p> Ardian Adi Wisesa, Nunuk Hariyati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48946 Mon, 22 Aug 2022 07:54:57 +0000 Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMP Negeri 40 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48947 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil serta dampak dari pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis website di SMP Negeri 40 Surabaya.&nbsp; Penelitian dan pengembangan ini dinilai penting mengingat vitalnya peran perpustakaan di sekolah.&nbsp; Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan waterfall model dan pada penelitian ini mengggunakan metode penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian dan pengembangan ini untuk mengukur dampak dan hasil dari pengembangan menggunakan survey kepuasan pengguna pada kepala sekolah, kepala perpustakaan, tenaga perpustakaan, tenaga pendidik dan juga peserta didik.&nbsp; Pengumpulan data kepuasan pengguna dilakukan menggunakan kuisioner melalui google form yang dihubungkan langsung pada fitur kepuasan pengguna di Sistem Informasi Perpustakaan yang dikembangkan.&nbsp; Selain itu untuk memastikan kevalidan dari sistem yang dikembangkan dilakukan uji validitas ahli materi dan ahli media.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa survey kepuasan pengguna yang dilakukan 127 responden yang menghasilkan 88,72%. Selain dengan melakukan survey kepuasan pengguna untuk menilai kevalidan sistem dilakukan penilaian oleh ahli materi yang mendapatkan hasil 92,5% dan ahli media yang mendapatkan hasil 92%. Dengan adanya hal ini dapat membantu mempermudah serta meningkatkan kualitas layanan perpustakaan pada SMP Negeri 40 Surabaya.</p> Ferdian Adi Wisesa, Nunuk Hariyati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48947 Wed, 24 Aug 2022 02:02:03 +0000 Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48788 <p>Pentingnya minat baca bagi siswa adalah untuk menambah wawasan dalam diri siswa. Sekolah menyediakan wadah informasi dan koleksi buku yang bernama perpustakaan. Perpustakaan dikelola oleh serorang pustakawan, yang mana pustakawan tak hanya berperan sebagai petugas pinjam meminjam buku. Namun, pustakawan juga berperan untuk meningkatkan minat baca siswa disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan menggunakan analisis isi pada 20 artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 20 jurnal yang terdiri dari 10 nasional dan 10 artikel internasional. Peneliti menemukan 5 strategi yang digunakan oleh pustakawan dalam meningkatkan minat baca, yaitu: strategi motivasi, strategi promosi, strategi kerjasama, strategi sarana prasarana, dan strategi layanan.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>strategi pustakawan, minat baca</p> <p>&nbsp;</p> Azahroh Hasanatul Fany, Ainur Rifqi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48788 Thu, 01 Sep 2022 06:44:14 +0000 Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49249 <p>Abstrak</p> <p>Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan suatu tantangan bagi guru di Indonesia. Agar dapat melalui tantangan tersebut, diperlukan adanya supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Tujuan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur oleh Nazir dengan menggunakan sumber dari beberapa artikel. Telaah artikel menghasilkan penemuan mengenai tahapan proses supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran daring antara lain: a) perencanaan supervisi dengan melakukan bimbingan TIK dan pembuatan instrumen supervisi pembelajaran daring; b) pelaksanaan supervisi dengan pelaporan jurnal pembelajaran daring, observasi dalam ruang kelas virtual, IHT, dan simulasi membuat perangkat pembelajaran daring; c) refleksi supervisi dengan menganalisis kelengkapan dokumen perangkat pembelajaran daring; d) tindak lanjut supervisi pembelajaran daring dengan berdiskusi secara online dengan guru untuk memecahkan masalah.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>pembelajaran daring, supervisi akademik, kualitas pembelajaran.</p> Martha Sukma Kusnurani, Erny Roesminingsih ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49249 Sat, 10 Sep 2022 01:47:44 +0000 Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif di Pendidikan Formal pada Masa Pandemi Covid-19. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49178 <p>Pademi covid-19 berpengaruh pada seluruh sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pembelajaran daring menjadi metode pembelajaran yang wajib diimplementasikan hampir diseluruh pendidikan formal di Indonesia, termasuk pendidikan formal. Strategi pembelajaran yang efektif diperlukan untuk mensukseskan pembelajaran daring tersebut. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran daring yang efektif di pendidikan formal pada masa pandemi covid-19. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder melalui tahap identifikasi, evaluasi, sintesis dengan sumber rujukan 10 artikel jurnal nasional dan 10 artikel jurnal internasional dan didukung dengan sumber buku sebagai penguat argumen peneliti. Dari hasil telaah studi literatur ditemukan bahwa 1) Terdapat urgensi strategi pembelajaran daring yang efektif, hal tersebut dikarenakan pandemi covid-19 berdampak pada terlaksananya pembelajaran online namun dibarengi dengan banyaknya pihak yang tidak siap dalam menjalankannya dan kesulitan untuk mencapai tujuan beljar mengajar; 2)&nbsp; strategi pembelajaran daring yang efektif bisa diartikan sebagai segala hal yang diperisiapkan baik berupa urutan atau pola perilaku guru untuk dapat mengakomodasi semua variabel pembelajaran daring secara sadar dan sistematis; 3) Terdapat 4 strategi pembelajaran daring yang efektif&nbsp; yakni : Melakukan analisa, menentukan media pembelajaran, memaksimalkan peran teknologi dan diakhiri dengan evaluasi.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Strategi Pembelajaran Efektif, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19</p> Imawati Sumaryo, Soedjarwo Soedjarwo ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49178 Sat, 10 Sep 2022 01:49:44 +0000 Manajemen Pembelajaran Pada Kelas Kompetisi di Sekolah Menengah Peertama Negeri 15 Surabaya https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48741 <p>Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran kelas kompetisi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar kelas kompetisi serta siswa SMP Negeri 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, <em>membercheck</em>, uji <em>transferabilitas</em>, uji <em>dependabilitas</em>, dan uji <em>konfirmabilitas</em>. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pembelajaran kelas kompetisi memiliki perencanaan yang matang untuk dijalankan yang dimulai dengan merencanakan kurikulum sampai dengan bahan ajar yang digunakan. Implementasi pembelajaran kelas kompetisi dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan diikuti oleh semua warga sekolah dengan dukungan penuh terhadap program pembelajaran kelas kompetisi yang menjadi program unggulan sekolah. Evaluasi pembelajaran kelas kompetisi dilakukan terus menerus sebagai bahan pengambilan keputusan untuk program selanjutnya.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : <em>manajemen pembelajaran, kelas kompetisi, manajemen kelas</em></p> Fefty Diah Laily Pangestuti, Supriyanto Supriyanto ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48741 Mon, 12 Sep 2022 03:05:30 +0000