PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN INOVASI PRODUK TERHADAP NIAT BELI PRODUK WARDAH(STUDI PADA PENGUNJUNG STAND WARDAH MATAHARI DEPARTEMENT STORE TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA)

  • ALVIDA

Abstract

Salah satu industri yang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia adalah industri kosmetik. Sektor tersebut merupakan industri yangberpotensi untuk terus tumbuh di Indonesia. Untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor, perusahaan harus mampu memperluas promosi dengan membuat iklan yang menarik menggunakan celebrity endorser dan juga terus melakukan inovasi produk agar dapat meningkatkan pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh celebrity endorser dan inovasi produk terhadap niat beli produk Optimum hi black liner Wardah.

Populasi dalam penelitian ini adalah wanita berusia diatas 15 tahun. Responden pernah mencoba menggunakan dan telah melihat iklan Optimum hi black liner Wardah minimal 2 kali dengan Inneke koesherawati sebagai celebrity endorser di iklan TV. Metodepenentuansampel adalahnonprobability samplingdan teknik pengambilan sampelmenggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 165 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresilinier berganda dengan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorserdan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap niat beli.

Kata kunci : Celebrity Endorser, Inovasi Produk,Niat Beli

One industry that is experiencing rapid growth in Indonesia is the cosmetics industry. The sector is an industry that has the potential to continue to grow in Indonesia. To win the competition with competitors, the company should be able to expand the promotion to create compelling ads using celebrity endorser, and also continued product innovation in order to increase market share. The purpose of this study is to analyze and discuss the influence of celebrity endorser and product innovation to the product purchase intentions Optimum Wardah hi black liner.The population in this study were women aged over 15 years. Respondents had tried to use and have seen ads Optimum hi black liner Wardah at least 2 times with Inneke Koesherawati as a celebrity endorser in the TV ads. The sampling method is non-probability sampling and sampling techniques using judgmental sampling. Used as a sample 165 respondents. Data collection techniques used in this study was a questionnaire using Likert scale. Data were analyzed using multiple linear regression analysis using SPSS.The results of this study indicate that the celebrity endorser and product innovation significantly influence purchase intention.

Keywords : Celebrity Endorser, Product Innovation, Purchase Intention

Published
2016-08-29
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 49