Pengaruh Desain Produk Dan Harga Terhdap Keputusan Pembelian Suzuki Satria FU 150cc(Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150cc Di Surabaya)

  • MOH FUAIDI MUSTOFA

Abstract

Abstrak

Di Indonesia anak muda lebih suka motor jenis sport. Sepeda motor sport tersebut di produksi oleh beberapa perusahaan dan mengalami inovasi, seperti Suzuki dengan Suzuki Satria FU 150cc, Honda dengan New Sonic R 150cc dan Yamaha dengan Jupiter MX King 150cc. Pada tahun 2015 Suzuki berinovasi pada Satria FU 150cc yaitu pada bagian desain yang semakin sporty dan harga berkompetitif dengan pesaing diharapkan penjualan semakin meningkat, tetapi kenyataanya penjualan terus mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian Suzuki Satria FU 150cc.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian konklusifdeskriptif dengan menggunakan teknik judgmental samplingdengan kriteria sebagai pengguna sepeda motor Suzuki Satria FU 150ccdi Surabaya dan usia 18-24 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan disebarkan kepada 210 responden. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan regresi berganda dengan program spss for windows 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikanvariabel desain produkdan harga terhadap keputusan pembelian Suzuki Satria FU 150ccsebesar40%,sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Kata Kunci : Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Abstract

In Indonesia youngsters like the motorcycle type ofsport.The motorcycletype of sport in production by several companies and experience innovation, such as Suzuki with Suzuki Satria FU 150cc, Honda with New Sonic R 150cc and Yamaha Jupiter MX King 150cc. In 2015 Suzuki innovated on Satria FU 150cc that is on the design of the more sporty and price is expected to be competitive with competitors' sales increased, but the reality of sales continued to decline. This research to purpose analyze and discuss the influence of product design and pricing on purchasing decisions Suzuki Satria FU150cc.

This research is descriptive conclusive research using technique judgmental sampling with the criteria as the motorcycle Suzuki Satria FU 150cc in Surabaya and age 18 until 24. Data collection techniques using questionnaires and distributed to 210 respondents. The scale of measurement in this study using a scale Likert. The analysis technique used multiple regression with program SPSS for windows 16.0.

The results showed that there was a significant effect of the variable design product and pricing on purchasing decisions Suzuki Satria FU 150cc by 40%, while the remaining 60% is influenced by other variables outside the research.

Keywords: Product Design, Price, Purchase Decision

Published
2016-12-08
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 80