Pengaruh Harga dan Celebrity Endorser Cristiano Ronaldo Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepakbola Nike di Planet Sport Tunjungan Plaza Surabaya

  • MOH. ANSHORI SATRIA JATMIKA

Abstract

Abstract

Along with the football competitions in the world as well as the growing demand for football shoes in Indonesia, leading to competition in the production of outstanding football shoes on the market. By offering cheaper prices than competitors and promotion is done by using a celebrity endorser Cristiano Ronaldo in the electronic media, social media, print media as well as with a good reputation. This study used sample of 210 respondents, they are males aged 19 years and older as well as directly involved in the purchase of Nike soccer shoes in the past year in Planet Sport Tunjungan Plaza Surabaya. The sampling method was non-probability sampling. The sampling technique used purposive sampling. Data were analyzed using multiple linear regression.The results showed that there are variables influence the price and celebrity endorser on buying decisions.

Keywords: price, celebrity endorser, buying decisions

Abstrak

Seiring dengan kompetisi sepak bola di dunia serta permintaan untuk sepatu sepak bola di Indonesia, yang mengarah ke persaingan dalam produksi sepatu sepak bola yang beredar di pasar. Dengan menawarkan harga yang lebih murah daripada pesaing dan promosi dilakukan dengan menggunakan celebrity endorser Cristiano Ronaldo di media elektronik, media sosial, media cetak serta dengan reputasi yang baik. Penelitian ini menggunakan sampel 210 responden, mereka adalah laki-laki berusia 19 tahun dan lebih tua serta terlibat langsung dalam pembelian sepatu sepak bola Nike pada tahun lalu di Planet Sport Tunjungan Plaza Surabaya. Metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa hasil regression.The linear menunjukkan bahwa ada variabel mempengaruhi harga dan celebrity endorser pada keputusan membeli.

Kata kunci: harga, celebrity endorser, keputusan membeli

Published
2017-01-16
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 287