Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Nilai terhadap Niat Beli Sepeda Motor Merek Honda Type PCX 150 (Studi pada Pengunjung Cafe di Tunjungan Plaza Surabaya)

  • RACHMAD DODI TRIAWAN

Abstract

Terjadi peningkatan permintaan pasar kendaraan bermotor di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak produsen masuk ke dalam pasar, sehingga persaingan di pasar semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk menyiapkan strategi dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh citra merek dan persepsi nilai secara parsial terhadap niat pembelian sepeda motor merek Honda Type PCX 150.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan sampling judgemental. Sampel yang diambil sebanyak 110 orang. Responden dalam penelitian ini adalah kawula muda yang memiliki daya beli, masyarakat kelas atas, serta masyarakat yang ingin tampil beda dan belum memiliki Honda PCX 150 dengan usia minimal 25 tahun. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Numeris (Numerical Scale). Alat ukur yang digunakan adalah angket. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli dan persepsi nilai berpengaruh positif terhadap niat beli. Citra Merek memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan pengaruh persepsi nilai.

There is increasing market demand for motor vehicles in Indonesia. This has caused many manufacturers enter the market, thus increasingly fierce competition in the market. Companies are required to prepare a strategy in marketing their products. The purpose of this study is to analyze and discuss the influence of the brand image and value perception partially on purchase intention of Honda motorcycles Type PCX 150.

The sampling technique used is non-probability sampling using judgmental sampling.Samples taken as many as 110 people.Respondents in this study were young people who have purchasing power, high society, and people who want to look different and and who do not have a Honda PCX 150 with a minimum age of 25 years. The scale of measurement in this study using a Numerical Scale. Measuring instrument used was a questionnaire. Analysis of data using multiple linear regression model.

The result of this research showed that brand image has positive influence on the purchase intention, and perceived value has positive influence on the purchase intention. Brand image has a greater influence than the influence of perceived value.

Published
2017-01-16
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 147