Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-Ixion (Studi Pada Komunitas Yamaha V-Ixion Club di Gresik)

  • JAMALLUDDIN AL AYYUBI

Abstract

Industri otomotif khususnya sepeda motor sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Kondisi ini juga terjadi pada Yamaha V-Ixion yang merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan keunggulan kualitas mesin yang menggunakan teknologi sistem injection bahan bakar dengan harga yang bersaing.Tetapi kenyataanya penjualan terus mengalami penurunan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh kuaitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian yamaha vixion.

Jenis penelitian ini adalah kausal dengan populasi dalam penelitian ini adalah komunitas Yamaha V-Ixion yang mengunakan serta ikut bergabung dalam komunitas dalam empat bulan terakhir dan berusia minimal 20 tahun. Sampel yang di ambil berjumlah 210 responden dengan metode yang digunakan judgmental sampling. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhpositif antara variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Yamaha V-Ixion sebesar 49%, sedangkan sisanya 51% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Kata Kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian

The automotive industry especially motorcycles are increasing very rapidly. This condition also occurs on a Yamaha V-Ixion is the first motorcycle manufactured by Yamaha Motor Company with superior quality machines that use fuel injection systems technology at competitive prices.But the fact is steadily declining sales. This study aims to analyze and discuss the influence of kuaitas products and prices to the purchasing decision yamaha vixion.

This research is a causal population in this study is a community of Yamaha V-Ixion who uses and join the community in the last four months and at least 20 years old. Samples were taken totaling 210 respondents with judgmental sampling method used. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 18 software.

The results show that there are positive influence between variable product quality and price on purchasing decisions Yamaha V-Ixion amounted to 49%, while the remaining 51% is influenced by other variables outside the research.

Keywords: product quality, price, purchase decision.

Published
2017-01-16
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 150