Pengaruh Kualitas Layanan dan Experiential Marketing terhadap Niat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar)

  • SUHARSONO SYAHPUTRA
  • ANIK LESTARI ANDJARWATI

Abstract

Setiap perusahaan hendaknya memiliki kemampuan untuk menarik pengunjung. Selain itu diperlukan strategi agar ada kunjungan ulang dari pengunjung. Maka dari itu, setiap perusahaan harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi niat berkunjung ulang diantaranya kualitas layanan dan experiential marketing Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh kualitas layanan dan experiential marketing terhadap niat berkunjung ulang Wisata Edukasi Kampung Coklat dengan kepuasan sebagai variabel mediasi.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 orang. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung yang sudah pernah melakukan kunjungan minimal dua kali dengan usia diatas 19 tahun. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Analisis data dengan menggunakan path analisis dengan program AMOS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan. Experiential marketing berpengaruh terhadap niat berkunjung ulang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh terhadap niat berkunjung ulang. Pada uji mediasi kualitas layanan dan experiential marketing terbukti secara parsial dimediasi oleh kepuasan.

Kata Kunci : Kualitas layanan, experiential marketing, kepuasan dan niat berkunjung ulang.
Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 332
PDF Downloads: 416