Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Utara

  • OKI ALFAJRI

Abstract

PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Surabaya Utara merupakan salah satu bagian dari unit PLN Distribusi Jatim. Karena merupakan salah satu perusahaan pengelola tenaga listrik milik negara, pelayanan kepada pelanggan menjadi prioritas penting bagi karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Surabaya Utara dalam menjalankan tugas-tugasnya.Beberapa bentuk dukungan organisasi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Surabaya Utara dalam meningkatkan komitmen dalam diri karyawannya yaitu dengan memberikan kompensasi, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, gaji, pelatihan, dan juga kesejahteraan lain baik yang berupa uang maupun tidak. Dukungan organisasi dan juga komitmen yang tinggi dalam diri karyawan bertujuan untuk menghindari terjadinya turnover intentions, sehingga visi perusahaan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang karyawan tetap PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Surabaya Utara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 18.0.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara individu variabel keterlibatan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Utara dan variabel stres kerja secara individu berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Surabaya Utara. Secara simultan atau bersama- sama keterlibatan kerj dan stres kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci :keterlibatan kerja, stres kerja, kinerja karya


Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 289
PDF Downloads: 555