BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY SEBAGAI PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KALENG MACKAREL ABC(Studi di Wilayah Kota Surabaya Timur)

  • LISA OCTAVIYAH

Abstract

Ikan kaleng banyak dikonsumsi masyarakat, diantaranya ibu rumah tangga, mahasiswa ataupun wanita yang sedang bekerja. Hal ini karena ikan mackarel dapat dijadikan persediaan dirumah ataupun dikosan karena sifatnya yang awet sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang terdapat pada kemasan juga menjadi andalan ketika dalam keadaan mendesak karena ikan kaleng ini cara memasaknya juga sangat praktis. Namun, kebanyakan konsumen lebih mengenal produk ikan kaleng jenis sarden dari pada ikan kaleng jenis mackarel terlebih lagi dengan adanya isu mengenai cacing yang terdapat pada ikan kaleng mackarel. Salah satu merek yang terindifikasi cacing jenis Anisakis Sp adalah merek ABC. Hal ini dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk ikan kaleng mackarel ABC. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian ikan kaleng mackarel ABC.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 responden. Responden dalam penelitian ini adalah wanita berusia 19-45 tahun yang pernah membeli atau sudah mengkonsumsi ikan mackarel merek ABC. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan skala pengukuran menggunakan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan kaleng ABC dan perceived quality berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan kaleng ABC.

Kata Kunci:Brand Awareness, Perceived Quality, dan Keputusan Pembelian




Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 159