Peran Job Involvement dan Karakteristik Pekerjaan Pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan Bagian Produksi PT. Campina Ice Cream Industry Surabaya

  • ESTI BAKTI WARAPSARI

Abstract

Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan tidak terlepas dari peran karyawan, disetiap perusahaan tidak hanya mengharapkan karyawan yang berkinerja baik tetapi membutuhkan karyawan yang dapat memberikan kontribusi ekstra. Kontribusi ekstra yang dimaksud merupakan kontribusi individu yang melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan tidak diberikan reward atas kinerja pekerjaannya. Perilaku kontribusi ekstra ini disebut dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membahas tentang pengaruh job involvement dan karakteristik pekerjaan terhadap OCB karyawan bagian produksi PT. Campina Ice Cream Industry Surabaya.

Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan merupakan karyawan produksi PT. Campina Ice Cream Industry Surabaya sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa job involvement berpengaruh terhadap OCB, dan karakteristik pekerjaan berpengaruh terhadap OCB.
Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 609