Pengaruh Person Organization Fit dan Person Job Fit Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Afektif Pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur

  • ANASTASYA ANINDITA

Abstract

Konsep hubungan person organization fit, person job fit, kinerja pegawai dan komitmen afektif sangat penting karena hal ini berkaitan dengan perannya dalam pencapaian keberhasilan suatu organisasi pemerintahan. Kesesuaian nilai organisasi dengan individu dan kesesuaian antara individu dengan pemenuhan persyaratan pekerjaanya merupakan salah satu kunci utama untuk memelihara dan mempertahankan komitmen pegawai yang sangat diperlukan dalam lingkungan organisasi pemerintahan yang baru terbentuk.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh person organization fit dan person job fit terhadap kinerja pegawai melalui komitmen afektif. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 40 responden pada pegawai Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS 3.0.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Person Organization Fit memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Person Organization Fit tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen afektif. Person Job Fit tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Person job fit berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif. Komitmen Afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Komitmen Afektif tidak dapat menjadi variabel perantara atau variabel intervening untuk pengaruh person organization fit terhadap kinerja pegawai. Komitmen Afektif dapat menjadi variabel perantara atau variabel intervening untuk pengaruh person job fit terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci : Person Organization Fit, Person Job Fit, Kinerja Pegawai, Komitmen Afektif.
Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 381
PDF Downloads: 774