Analisis Kualitas Layanan Website pada Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo dengan Menggunakan Metode Webqual

Main Article Content

Vania Nadhiya Tsary
I Kadek Dwi Nuryana

Abstract

Abstrak - Website sangat dibutuhkan pada suatu perusahaan atau organisasi untuk menyediakan pelayanan online kepada para pelanggannya. Salah satu organisasi yang memanfaatkan website adalah rumah sakit. RSUD Sidoarjo merupakan salah satu rumah sakit yang telah memanfaatkan teknologi informasi dengan penggunaan website. RSUD Sidoarjo didirikan pada tanggal 17 Agustus 1956 sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi warga Kabupaten Sidoarjo. Website RSUD Sidoarjo ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang terkait dengan rumah sakit ini. Website tersebut juga menyediakan berbagai informasi layanan yang ada di RSUD Sidoarjo. Website ini sendiri dikembangkan sejak tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap kepuasan pengguna dan kepercayaan pengguna pada website RSUD Sidoarjo. Penelitian ini mengukur kualitas layanan website RSUD Sidoarjo menggunakan metode webqual 4.0 yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Usability Quality (kualitas kegunaan), Information Quality (kualitas informasi), dan Service Interaction Quality (kualitas interaksi layanan). Kualitas website (Website Quality) dalam model ini dihubungkan dengan kepuasan pengguna (User Satisfaction) dan kepercayaan pengguna (User Trust) untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya. Data yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 154 data yang kemudian diolah menggunakan tool SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dengan tool AMOS. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan website RSUD Sidoarjo yang terdiri dari Usability Quality (kualitas kegunaan), Information Quality (kualitas informasi), dan Service Interaction Quality (kualitas interaksi layanan) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan pengguna dan kepercayaan pengguna, tetapi untuk kualitas website (Website Quality) sendiri lebih berpengaruh terhadap kepercayaan pengguna (User Trust) sebesar 93,1% daripada kepuasan pengguna (User Satisfaction) sebesar 89%.


Kata Kunci: Kualitas Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, Webqual, SEM-AMOS


 


Abstract - Website is indispensable to a company or organization to provide online services to its customers. One of the organizations that utilize the website is a hospital. RSUD Sidoarjo is one of the hospitals that has been utilizing information technology with the use of websites. RSUD Sidoarjo was established on 17 August 1956 as a place for health services for the people of Sidoarjo regency. This Website of RSUD Sidoarjo is useful to facilitate users in finding information related to this hospital. The Website also provides a wide range of information services available at the RSUD Sidoarjo. This Website has been developed since 2015. This research aims to determine the influence of quality of usability, information quality, and quality of service interactions to user satisfaction and user trust on the website of RSUD Sidoarjo. This research measures the quality of the website of public hospitals in Sidoarjo using Webqual 4.0 method consisting of 3 dimensions namely Usability Quality , Information Quality, and Service interaction Quality. Website Quality in this model is connected with User Satisfaction and User Trust to know how it affects. The data used for this study was 154 data which was then processed using SPSS tools. The data analysis technique used is the SEM (Structural Equation Model) analysis technique with the AMOS tool. Result of this research is the quality of service website RSUD Sidoarjo consisting of Usability Quality, Information Quality, and Service Interaction Quality have a significant and positive influence on user satisfaction and user trust, but for the Website Quality itself is more influential to the User Trust of 93.1% rather than the User Satisfaction of 89%.


Keywords: Usability Quality, Information Quality, and Service interaction Quality, WEBQUAL, SEM-AMOS

Article Details

Section
Articles