Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Layanan Mobile Ticketing Dengan Pendekatan TAM dan TRA (Studi Kasus: KAI ACCESS)

Main Article Content

Yemi Fitriana

Abstract

Abstrak— KAI Access merupakan sebuah aplikasi mobile yang digunakan untuk pemesanan tiket kereta api baik jarak dekat atau jarak jauh secara online. KAI Access juga merupakan solusi pada masa covid-19 untuk meminimalisir kontak fisik antara petugas dan customer. Saat ini perusahaan berupaya untuk terus melakukan pengembangan terkait dengan fitur-fitur supaya KAI Access menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk pemesanan tiket secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang memberikan pengaruh penerimaan pengguna layanan KAI Access menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Reasoned Action (TRA) menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk mengetahui seberapa produk tersebut untuk dapat diterima oleh konsumen maka perlu dilakukan penelitian terkait dengan penerimaan teknologi. Penerimaan pengguna tersebut dapat diketahui melalui respon yang baik  terhadap niat pengguna dan perilaku dalam menggunakan produk yang diketahui dari jawaban 95 responden yang merupakan pengguna KAI Access, berdomisili di Jawa Timur dan rata-rata penggunanya adalah seorang mahasiswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SmartPls 3.0. Penilaian mengenai indikator menggunakan skala likert yang dimulai dari angka 1 yang berarti sangat tidak setuju hingga angka 5 sangat setuju. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulness memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using, dan Behavior Intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using.

Article Details

Section
Articles