Implementasi Algoritma Fisher-Yates pada Game Pembelajaran LBB YSYPRIVATE Berbasis Website

  • Yessy Septiani Yuono Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Qoiriah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak - LBB YSY Private merupakan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) yang khusus memberikan pelajaran tentang Matematika dengan tingkatan kelas SD, SMP hingga SMA. Pada masa pandemi saat ini seluruh sekolahan menggunakan metode pembelajaran secara daring, sehingga internet sangat berperan dalam proses pembelajaran saat ini. Oleh karena itu LBB YSY Private membuat Game edukasi berbasis Website yang diimplementasikan dalam bentuk game who wants to be a millioner master. Dalam pengembangan Game Edukasi tersebut juga terdapat sistem limit timer pada setiap soal yakni setiap soal yang ada di dalam suatu sub level akan mendapatkan waktu batasan dalam mengerjakanya. Game Edukasi tersebut menggunakan metode Fisher-Yates sebagai pengacak jawaban dan soal dalam setiap sub level yang ada di dalam game tersebut, agar setiap siswa tidak bergantung pada kunci jawaban dan meminimalisir kecurangan pengerjaan soal ketika mengerjakan soal secara berkelompok pada satu ruang dan waktu yang sama. Proses yang dilakukan dalam Algoritma Fisher-Yates adalah dengan cara mengacak nilai integer antara min dan max dan setiap bilangkan yang diacak akan dibulatkan ke bawah dan dikali dengan nilai min dan max yang ada pada sistem tersebut. Apabila siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal, maka siswa bisa menggunakan beberapa bantuan yang telah disediakan oleh sistem, yaitu Bantuan Telpon Temn, Kesempatan Salah, Next Soal, 50:50 dan Bantuan Satu Soal 2 Jawaban. Setelah dilakukan perancangan dan pembuatan pada aplikasi. Maka aplikasi akan di uji coba dan di dapat kesimpulan bahwa Soal dan pilihan ganda ditampilkan secara acak dalam game tersebut dan Soal yang diacak hanya akan muncul satu kali saja (tidak berulang).

Kata Kunci : Lembaga Bimbingan Belajar, Fisher-Yates, Website, Game Edukasi, Limit Timer, YSY Private

Published
2021-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 127