IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATESPADA GAME PEMBELAJARAN LBB YSYPRIVATE BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Yessy Septiani Yuono

Abstract

Abstrak-LBBYSYPrivatemerupakanLembagaBimbinganBelajar(LBB)yangkhususmemberikanpelajaran tentang Matematika dengan tingkatan kelasSD,SMPhinggaSMA.Padamasapandemisaatiniseluruh sekolahan menggunakan metode pembelajaransecara daring, sehingga internet sangat berperan dalamproses pembelajaran saat ini. Oleh karena itu LBB YSYPrivate membuat Game edukasi berbasis Website yangdiimplementasikan dalam bentuk game who wants to beamillionermaster.DalampengembanganGameEdukasitersebutjugaterdapatsistemlimittimerpadasetiapsoalyaknisetiapsoalyangadadidalamsuatusublevelakanmendapatkanwaktubatasandalammengerjakanya.Game Edukasi tersebut menggunakan metode Fisher-Yates sebagai pengacak jawaban dan soal dalam setiapsub level yang ada di dalam game tersebut, agar setiapsiswatidakbergantungpadakuncijawabandanmeminimalisirkecuranganpengerjaansoalketikamengerjakan soal secara berkelompok pada satu ruangdan waktu yang sama. Proses yang dilakukan dalamAlgoritma Fisher-Yates adalah dengan cara mengacaknilai integer antara min dan max dan setiap bilangkanyangdiacakakandibulatkankebawahdandikalidengannilaimindanmaxyangadapadasistemtersebut.Apabila siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal,maka siswa bisa menggunakan beberapa bantuan yangtelahdisediakanolehsistem,yaituBantuanTelponTemn,KesempatanSalah,NextSoal,50:50danBantuanSatu Soal 2 Jawaban. Setelah dilakukan perancangandanpembuatanpadaaplikasi.Makaaplikasiakandiujicoba dan di dapat kesimpulan bahwa Soal dan pilihangandaditampilkansecaraacakdalamgametersebutdanSoalyangdiacakhanyaakanmunculsatukalisaja(tidakberulang).
KataKunci:LembagaBimbinganBelajar,Fisher-Yates,Website,GameEdukasi, LimitTimer,YSY Private

Article Details

Section
Articles