Pengaruh Penggunaan Antena Grid Terhadap Kekuatan Sinyal dan Throughput Serta Jangkauan Pada RT/RW Net di Ponpes Kanzul Ulum

Main Article Content

Aldi Bariqi
Agus Prihanto

Abstract

Abstrak — Penggunaan internet pada saat ini sangatlah besar dan sudah menjadi kebutuhan pokok oleh semua kalangan masyarakat. Internet juga bisa dijadikan sebagai suatu sarana untuk memudahkan pekerjaan masyarakat seperti proses belajar mengajar, rapat secara online dan lain sebagainya. Maka dari itu dibutuhkan sebuah koneksi internet yang kuat supaya masyarakat pengguna internet tersebut merasa nyaman dalam melakukan pekerjaan mereka. Ponpes Kanzul Ulum merupakan yayasan yang berisi beragam siswa-siswi mulai dari TK sampai dengan SMP. Siswa-siswi tersebut membutuhkan akses ke internet yang stabil namun beberapa ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi tidak bisa menjangkau yayasan tersebut. Pada penelitian ini peneliti akan membuat sebuah jaringan internet untuk yayasan tersebut. Peneliti menggunakan jaringan RT/RW Net sebagai sumber internet dengan memasangkan antena Grid sebagai penguat sinyal supaya sumber internet tersebut tersampaikan secara maksimal.


Dari hasil pengukuran ke-empat parameter QoS dan kekuatan sinyal pada jarak 100 meter, 200 meter dan 300 meter didapatkan nilai rata-rata throughput 721.092 Kb/s untuk jaringan tanpa menggunakan antena dan 1,168,197 Kb/s untuk jaringan menggunakan antena. Rata-rata delay 7.87 ms untuk jaringan tanpa menggunakan antena dan 6.99 ms untuk jaringan menggunakan antena.  Rata-rata jitter 9.60 ms untuk jaringan menggunakan antena dan  6.99 ms untuk jaringan  tanpa menggunakan antena. Rata-rata packet loss 0% untuk jaringan tanpa menggunakan antena dan 0.0056% untuk jaringan menggunakan antena. Rata-rata kekuatan sinyal -60 dBm untuk jaringan tanpa menggunakan antena dan -50 dBm jaringan menggunakan antena. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas layanan jaringan internet menggunakan antena grid memiliki kualitas jaringan lebih bagus berdasarkan perbandingan total nilai rata-rata.

Article Details

Section
Articles