Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web Dengan Pendekatan Gamifikasi Menggunakan Algoritma Linear Congruent Method

  • Alfin Falah Sugiarto Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Qoiriah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak—. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2019 silam, pengguna Internet di Indonesia mencapai 274,9 Juta pengguna. Angka ini meningkat lagi pada saat Virus Covid-19 menyebar pada 2020 silam yang membuat semua pembelajaran dilakukan secara online. Data yang diambil dari Kemendikbud adalah rata-rata nilai UN (Ujian Nasional) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di bawah 65 pada tahun 2018 dan 2019. Angka ini sangat disayangkan karena Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa sehari-hari tetapi mendapatkan nilai yang kurang maksismal. Dari fakta ini, penulis mencoba mengembangkan sebuah Web pembelajaran Bahasa Indonesia. Web pembelajaran ini menggunakan menerapkan Gamifikasi dan metode pengacakan soal dengan Algoritma LCM (Linear Congruent Method). Web ini terdiri atas materi yang bisa dibaca oleh siswa dan Level yang bisa digunakan untuk menguji kemampuan pemahaman siswa atas materi tersebut. Pada Level diterapkan sistem KKM untuk mengetahui tolak ukur seorang siswa dalam penguasaanny pada materi tersebut. Apabila siswa tidak bisa memenuhi KKM maka siswa tidak bisa mengakses ke Level selanjutnya. Tujuan penggunaan Algoritma ini adalah untuk mengurangi kecurangan pengguna dalam mengerjakan soal. Pengujian pengacakan soal dilakukan oleh lima siswa dengan dua Level yang berbeda dan hasilnya tidak satupun dari setiap pengujian itu mendapatkan urutan soal yang sama. Black Box Testing juga dilakukan guna menguji jalannya program agar sesuai rancangan dan bisa segera memperbaiki bila ada kekurangan dalam program. Setelah dilakukan perancangan, pembuatan dan pengujian maka hasilnya adalah Web berhasil mengacak soal setiap kali ditampilkan oleh pengguna dan berhasil menerapkan Gamifikasi dengan sistem Level. Dan juga laman riwayat yang mempermudah guru untuk memantau hasil pengerjaan murid pada Level tersebut.

Kata Kunci— LCM (Linear Congruent Method), Web Pembelajaran, Algoritma, Metode Pengacakan Soal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Level

Published
2022-06-16
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 153