Penerapan Container Load Balancing untuk Manajemen Trafik pada Learning Manajemen System

  • Tegar Sukma Hendrana Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Suartana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak— Metode pembelajaran daring berbasis e-learning saat ini menjadi keharusan untuk diterapkan di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih fleksibel. Kondisi tersebut menjadikan Moodle Learning Management System (LMS) sebagai salah satu platform yang banyak digunakan untuk merealisasikan sistem pembelajaran berbasis e-learning.

Peningkatan intensitas penggunaan serta kompleksitas fitur dari Moodle LMS yang mencakup banyak aktivitas didalamnya, menjadikan standar availability server menjadi komponen penting untuk menunjang aktivitas Moodle yang optimal. Di sisi lain, arsitektur server web tunggal sudah tidak lagi relevan dengan kondisi tersebut. Oleh karena itu, membangun infrastruktur server Moodle yang mampu menunjang berjalannya aktivitas pembelajaran dengan baik sangatlah penting. Penerapan arsitektur clustering web server berbasis docker swarm cluster yang memuat implementasi metode container load balancing menjadi solusi mengenai isu standar availability server Moodle. Docker swarm cluster terdiri dari node manager dan node worker, dengan implementasi container load balancing, node manager mampu mengarahkan user request menuju node worker secara merata sehingga load traffic dapat diatasi dengan baik dan kinerja Moodle lebih optimal.

Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa server Moodle yang dibangun di lingkungan docker swarm cluster dengan menerapkan metode container load balancing mampu merespon load traffic dari user request dengan baik dilihat dari hasil pengujian dengan parameter throughput dan error rate pada aktivitas login, view course, assignments dan quiz. NFS mampu menyediakan penyimpanan data persisten yang dibutuhkan Moodle dalam melakukan tracking terhadap volume moodlecode dan moodledata. Mekanisme scaling dan failover dari docker swarm berjalan dengan baik sehingga  membuat tingkat ketersediaan server tinggi.

 

Kata Kunci— Learning Management System, Moodle, Availability Server, Clustering Web Server, Container, Docker Swarm, Load Balancing

Published
2022-10-13
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 65