Implementasi Markerless Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Alat Olahraga Hockey Menggunakan Metode User Defined Target Berbasis Android

  • Margaretha Ekaristi Yobella Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hockey merupakan salah satu olahraga yang telah
dimainkan di Indonesia, namun olahraga ini masih belum cukup
populer dan alat – alat olahraga hockey juga masih jarang
ditemui di toko olahraga pada umumnya, untuk itu perlu
dilakukan pengenalan terhadap olahraga hockey agar
masyarakat tertarik untuk mulai memainkan olahraga ini.
Adapun salah satu cara pengenalan olahraga ini dapat
memanfaatkan teknologi augmented reality dengan demikian
masyarakat dapat mengenal olahraga ini dengan efisien dan
fleksibel. Salah satu metode untuk menampilkan objek
augmented reality yaitu menggunakan markerless dengan teknik
user defined target. Pada aplikasi dilakukan pengujian akurasi
menggunakan pertimbangkan jarak, intensitas cahaya dan target
yang akan dijadikan marker. Adapun hasil dari pengujian pada
sudut, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap
dengan kontras menggunakan sudut baca minimal 0° dan
maksimal 45° dan target terang dengan kontras dengan sudut
baca minimal 0° dan maksimal 45°. Pada pengujian jarak,
aplikasi mampu menampilkan objek 3D terhadap target gelap
dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm dan target terang
dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm. Pada pengujian
intensitas cahaya, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada
target gelap dengan kontras ketika intensitas cahaya berada pada
minimal 70 lux dan maksimal 1000 lux dan target terang dengan
kontras ketika intensitas cahaya berada minimal 70 lux dan
maksimal 1000 lux. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan
bahwa aplikasi ini sangat layak dengan nilai sebesar 88%.

Published
2022-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 137