Klasifikasi Tingkat Kepuasan Wali Murid Terhadap Hasil Belajar Anak Menggunakan Algoritma C5.0

  • Firda Siska Audina Universitas Negeri Surabaya
  • Ricky Eka Putra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada era digital saat ini, banyak sekali jasa bimbingan belajar baik itu secara online maupun offline. Banyak pesaing di bidang jasa bimbingan belajar, sehingga diperlukan sebuah analisis yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kepuasan wali murid terhadap hasil belajar anak di PT. Lesin Aja Edukasi Indonesia dan mengetahui atribut yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan wali murid. Analisis kepuasan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang merupakan wali murid dari PT. Lesin Aja Edukasi Indonesia. Responden diminta untuk mengisi kuesioner terkait tingkat kepuasan mereka terhadap hasil belajar anak mereka. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah penguasaan materi oleh guru bimbel, sikap guru bimbel ketika sedang mengajar, kualitas materi relevan dengan mata pelajaran di sekolah, durasi mengajar sesuai dengan harga yang ditawarkan, dan hasil belajar anak ketika di sekolah.Data yang diperoleh dari survei kemudian diolah menggunakan algoritma decision tree C5.0 untuk mengklasifikasikan tingkat kepuasan wali murid menjadi dua kategori, yaitu puas dan tidak puas. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode confussion matrix cross validation. Hasil analisis menunjukkan bahwa algoritma decision tree C5.0 dapat mengklasifikasikan tingkat kepuasan wali murid dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi yaitu sebesar 95%. Model klasifikasi yang dikembangkan dapat membantu PT. Lesin Aja Edukasi Indonesia dalam memprediksi tingkat kepuasan wali murid dan memperbaiki kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada anak-anak merekai.

 

Kata Kunci— Klasifikasi, Kepuasan, Hasil belajar anak, PT. Lesin Aja Edukasi Indonesia, Algoritma decision tree C5.0

Published
2023-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 128