Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet Menggunakan Metode Quality Of Service (QoS) Dan Reliability, Maintainability And Availability (RMA) (Studi Kasus: SMK Negeri 3 Jombang)

  • Edwin Irfan Nuha Al Hadad Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Prapanca Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat di berbagai bidang. Dalam era teknologi informasi yang sangat bergantung pada jaringan internet, keberadaan jaringan yang memadai sangatlah penting. Di SMK Negeri 3 Jombang, kebutuhan akan akses internet semakin meningkat untuk kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, kinerja jaringan harus dalam kondisi yang baik. Analisis trafik data jaringan internet dengan menggunakan metode Quality of Service (QOS) dan Reliability, Maintainability, and Availability (RMA) dilakukan di SMK Negeri 3 Jombang untuk menguji dan menganalisis kinerja jaringan internet yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan atau action research yang bertujuan untuk mendeskripsikan, menginterpretasi, dan menjelaskan situasi atau keadaan jaringan internet di SMK Negeri 3 Jombang guna untuk meningkatkan layanan jaringan internet dengan perbaikan dan pengembangan sistem infrastruktur jaringan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa parameter QOS memiliki dampak signifikan terhadap performa jaringan internet di SMK Negeri 3 Jombang. Kecepatan bandwith harian mencapai 120Mbps dan kecepatan transfer data tertinggi terjadi pada access point ruang bengkel mesin timur untuk akun guru, dan pada access point ruang 10 untuk akun siswa. Namun, beberapa access point mengalami delay yang melebihi standar TIPHON, dan terdapat tingkat packet loss yang tinggi pada beberapa access point, terutama pada akun siswa. Sedangkan untuk metode RMA menghasilkan tingkat availability yang baik selama satu minggu pengukuran, terdapat kehilangan log atau catatan pada hari ke-5 karena pemadaman listrik yang tiba-tiba. Kualitas kinerja jaringan internet di SMK Negeri 3 Jombang masih belum memadai karena nilai delay yang tinggi di beberapa access point.

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 246