Penerapan Progressive Web Apps untuk Pengembangan Fitur Push Notification dan Multi-Platform Installable pada Aplikasi Beasiswa

  • Hilmi Almuhtade Billah Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kecenderungan orang dalam melihat website yang sewaktu-waktu dan tidak rutin berpotensi untuk kehilangan informasi. Oleh karena itu diperlukan suatu cara yang dapat memberikan perhatian kepada pengguna jika terdapat informasi baru pada aplikasi web.

Progressive Web Apps merupakan sebuah teknologi pada aplikasi web agar memiliki kemampuan seperti aplikasi native. Salah satu fitur yang didukung oleh PWA adalah push notification. Selain itu, PWA juga mendukung fitur multiplatform installable. Fitur tersebut berguna agar aplikasi dapat dipasang pada perangkat yang beragam dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan PWA untuk pengembangan fitur push notification dan multi-platform installable, serta melakukan pengujian terhadap keberhasilan pengembangan dua fitur tersebut pada aplikasi beasiswa. Pengujian dilakukan dengan metode pengujian blackbox dan pengujian performa pengiriman notifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitur push notification dan multi-platform installable pada aplikasi beasiswa berhasil dikembangkan dengan menerapkan PWA. Kedua fitur tersebut dapat bekerja pada sistem operasi android, windows, dan iOS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat dengan sistem operasi android dan windows berhasil melalui seluruh skenario pengujian blackbox. Sedangkan perangkat dengan sistem operasi iOS gagal pada satu skenario pengujian yaitu pengiriman notifikasi dengan gambar.

Pengujian performa pengiriman notifikasi menunjukkan bahwa besar data gambar yang akan ditampilkan pada notifikasi tidak mempengaruhi durasi pengiriman notifikasi dari server menuju perangkat. Sedangkan besar data gambar mempengaruhi durasi perangkat dalam menampilkan notifikasi.

Kata Kunci— Progressive Web Apps, Push Notification, MultiPlatform, Firebase Cloud Messaging, Aplikasi Beasiswa.

Published
2023-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 165