Rancang Bangun Helpdesk Web Application dengan Klasifikasi Jenis Pelaporan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: PT Pelindo Daya Sejahtera)

  • Firda Aininnisa Universitas Negeri Surabaya
  • I Kadek Dwi Nuryana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

PT Pelindo Daya Sejahtera memiliki banyak system yang dikelola sehingga hal tersebut tidak terlepas dari ketidak lancaran system serta permintaan system informasi baru yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan di PT Pelindo Daya Sejahtera. Proses pengelolaan tersebut akan disesuaikan berdasarkan framework Cobit 4.1 dengan membagi sumber daya teknologi informasi pada divisi Teknologi dan Informasi. COBIT memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan praktik serta baik untuk pengendalian TI di seluruh perusahaan. COBIT akan terus diperbarui. Oleh karena itu, COBIT telah menjadi integrator untuk praktik-praktik TI yang baik dan membantu dalam memahami dan mengelola risiko terkait dengan TI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan model klasifikasi Naïve bayes pada Website Helpdesk. Pengujian dilakukan dengan proses pengukuran tingkat accuracy dan proses implementasi seluruh model pada Website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada permodelan naïve bayes dapat dipilih untuk pembagian data yang paling baik yakni 9:1 dengan nilai accuracy yakni 86% dengan hasil precision 84%, recall 85%, dan F1-Score 84%. Pengujian tersebut dilakukan dengan mempertimbang jumlah data yang telah Dikumpulkan yakni 519 dengan pengoptimalisasian pengurangan jumlah gap sehingga data berubah menjadi 768 data.

Kata Kunci— Naïve Bayes, Helpdesk Application, Klasifikasi, Cobit 4.1., Iconix Process

Published
2023-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 117